ABC

ELL: Ekspresi Wajah dalam Percakapan

Agar bisa memiliki percakapan yang bermakna, ada baiknya kita memperhatikan bagaimana cara kita menyampaikan pesan seiring dengan kata-kata yang kita ucapkan untuk mengekspresikan diri. Penggunaan bahasa tubuh yang benar dan juga ekspresi wajah amat penting ketika berbicara dengan orang lain. Tonton video berikut ini untuk mempelajari lebih lanjut dan baca penjelasan dibawah ini untuk mencari tahu alasannya.

1. Tatap wajah lawan bicara dan anggukan kepala saat mendengarkan ucapannya

Menatap wajah orang yang anda ajak bicara menunjukan kalau anda memperhatikan orang tersebut. Hal ini amat penting dilakukan agar percakapan anda terus berlanjut.

Mereka akan memperlambat bicaranya atau berhenti berbicara sama sekali kepada anda.

Hal penting lainnya adalah untuk menganggukan kepala karena ini berarti anda mendengarkan orang tersebut dan anda memahami apa yang mereka katakan. Menganggukan kepala secara perlahan-lahan menunjukan anda mengerti apa yang sedang dibicarakan.

Jika anda mengangguk dengan cepat, ini menunjukan anda sepakat dengan pernyataan yang diungkapkan seseorang.

2. Jauhkan gadget ketika seseorang sedang berbicara

Hal penting lainnya adalah menjauhkan telepon atau alat komunikasi lainnya ketika seseorang sedang berbicara dengan anda. Jika anda berada didepan komputer, ada baiknya anda berbalik dan menghadap kearah orang yang berbicara sehingga anda bisa melakukan percakapan dengan baik tanpa terganggu.

Juga ketika anda memegang telepon dan seseorang sedang berbicara, ada email atau pesan yang masuk maka itu akan mengganggu anda dan membuat anda menjadi kehilangan fokus pada percakapan tersebut.

3. Gunakan ekspresi wajah yang tepat

Ekspresi wajah menunjukan kepada kita bagaimana perasaan seseorang serta bagaimana respon seseorang terhadap sesuatu.

Misalnya, tidak tepat tertawa dan tersenyum ketika anda mendengar sesuatu yang menyedihkan.

Misalnya, anda bisa jadi memulai ekspresi wajah dengan senyum di wajah karena anda senang bisa berbicara dengan teman anda dan kemudian anda akan mengubah ekspresi wajah anda seiring dengan berlanjutnya percakapan.

Orang yang anda ajak bisa akan juga memperhatikan ekspresi di wajah anda dan memutuskan untuk tetap melanjutkan percakapan dengan anda atau tidak.

4. Pertahankan kontak mata ketika berbicara dengan seseorang

Pastikan anda tetap melakukan kontak mata sepanjang berlangsungnya percakapan baik itu percakapan singkat maupun percakapan yang panjang. Ini menunjukan kalau anda tertarik dengan apa yang mereka ucapkan dan anda terhubung dengan mereka.

Namun tidak berarti anda harus menatap tajam kepada seseorang, karena hal ini dapat membuat mereka tidak nyaman.

Anda harus kembali mempertahankan tatap mata selama percakapan berlangsung.

Bahasa Inggris sehari-hari dan tips mempelajarinya bisa diikuti di Learn English Facebook page.

Thumbnail pic - Flickr CC: Terence Chang