ABC

ELL: Bersiap Ikut Tes Bahasa Inggris

Tes kemahiran bahasa Inggris sering dibutuhkan untuk keperluan migrasi, pekerjaan dan studi. Kami bertanya pada mantan pemeriksa IELTS, Peter Crosthwaite, lima pertanyaan umum seputar melakukan tes bahasa Inggris.

Apakah aksen saya penting?

Siswa sering kali khawatir mengenai memiliki aksen  yang 'benar' dalam menjalani tes bahasa Inggris.

Namun, Peter mengatakan bahwa ini seharusnya tidak menjadi perhatian terbesar siswa.

"Banyak siswa menghabiskan waktu untuk mencoba aksen Amerika yang sempurna, tapi itu mungkin bukan investasi terbaik dalam penggunaan waktu anda." 

Bertanya pada penguji

Dengan tes berbicara, secara khusus, siswa diijinkan untuk mengajukan pertanyaan kepada pemeriksa untuk mengklarifikasi maknanya.

Peter menyarankan sejumlah pertanyaan berbeda yang bisa ditanyakan siswa:

Pertama, "jika pemeriksa memberi Anda sebuah pertanyaan dan Anda tidak memahaminya, ... Anda dapat meminta mereka untuk mengulangi pertanyaannya."

Atau, jika ada kata yang tidak Anda mengerti dan ini adalah tes bicara yang tidak memiliki pertanyaan yang tetap (seperti tes berbicara bagian ketiga dalam ujian IELTS), "Anda bisa meminta pemeriksa untuk mengulanginya kembali - untuk membuatnya menjadi lebih sederhana."

Cara lainnya adalah dengan "mengajukan pertanyaan kepada pemeriksa dalam bentuk 'maksud Anda?' Katakanlah, misalnya, jika saya mengajukan sebuah pertanyaan: 'Jelaskan sebuah masalah dalam sistem pendidikan di negara Anda'. Maka Anda mungkin akan berkata, 'Maksud Anda, saya harus meringkas sesuatu yang baru saja diumumkan oleh pemerintah?' Bahkan jika Anda tidak mengerti pertanyaannya, jika Anda bertanya 'maksud Anda', Anda masih berbicara. Anda menunjukkan kepada pemeriksa bahwa Anda dapat menggunakan bahasa dan mengajukan pertanyaan. "

tes bahasa Inggris
Peter Crosthwaite mengatakan bertanya kepada penguji untuk memperjelas makna adalah salah satu cara untuk mendemonstrasikan kemampuan berbicara anda dalam Bahasa Inggris.

 ABC: Allison Chan

Bagaimana saya bisa mengatasi ketakutan saya untuk berbicara?

Menyiapkan diri merupakan salah satu cara untuk mengatasi rasa takut Anda dalam mengikuti tes berbicara, demikian pendapat Peter. Dia merekomendasikan untuk membiasakan diri dengan struktur dari tes yang akan diikuti dan memahami berbagai topik yang akan dibahas.

Penting juga untuk "menyadari kriteria penilaian." Jika Anda menemukan diri Anda masih kesulitan dengan kemampuan tertentu, seperti kefasihan dan koherensi, Peter menyarankan untuk mencoba mengembangkan keterampilan berbicara lainnya. Misalnya, "kosa kata yang kompleks, atau struktur gramatikal, atau mengerjakan pengucapan Anda."

Peter juga menawarkan saran tambahan dari perspektif pemeriksa:

Bagaimana saya bisa belajar kata-kata baru dengan cepat?

Entah itu kolokasi, idiom atau frase kata kerja, Peter mengatakan bahwa penting bagi pelajar bahasa Inggris dewasa untuk segera mengenali bagaimana kata-kata digunakan dalam konteks.

Peter merekomendasikan agar siswa menggunakan concordancer, yang merupakan perangkat lunak yang mencari teks elektronik (seperti British National Corpus atau Sketch Engine).

Misalnya, jika Anda mencari konkordancer dengan kata 'going', "ini akan memungkinkan Anda mengisolasi kata-kata yang biasanya muncul setelah kata ‘going’. Jadi, Anda mungkin akan mendapati kata 'going to/pergi ke', 'going out/pergi keluar', 'going for/mencari’. Yang dapat Anda lakukan adalah melihat kata-kata ini digunakan dalam sebuah konteks. "

"Setelah cukup membaca kata-kata itu, pada dasarnya ini adalah cara yang sangat cepat untuk memastikan Anda mengetahui kata-kata yang digunakan secara bersamaan dan di mana umumnya kata-kata itu ditemukan."

tes Bahasa Inggris
Membaca dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan kemampuan menulis anda.

Unsplash CC: Ben White

Apa cara terbaik untuk memperbaiki tulisan saya?

Membaca, menurut Peter, sangat penting untuk membangun keterampilan menulis.

Peter juga menyarankan untuk mendapatkan umpan balik tentang Anda yang sedang belajar menulis dari seorang guru atau pasangan.

"Ini harus menjadi umpan balik di mana Anda bisa melihatnya dan memahami, 'Apa yang telah saya lakukan dengan benar? Apa yang telah saya lakukan dan salah? dan memungkinkan Anda untuk memperbaikinya sendiri. "

Learn English Hacks adalah serial Live Facebook yang menampilkan guru Australia di mana mereka mendiskusikan tantangan yang dihadapi peserta didik dan cara mengatasinya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman Facebook Learn English kami.