ABC

ELL: Belajar Bahasa Inggris di Perpustakaan

Bagaimana anda bisa belajar Bahasa Inggris di perpustakaan di Australia? Sejumlah perpustakaan di Australia menawarkan kelas kursus Bahasa Inggris untuk warga setempat. Mari temui sejumlah siswa yang mempelajari Bahasa Inggris di Perpustakaan Blacktown di Sydney Barat dan mari pelajari sejumlah tips bermanfaat dari guru-guru mereka.

Kota Blacktown terletak 35 kilometer dari pusat kota Sydney dan memiliki populasi lebih dari 340.000. Kota ini dihuni oleh warga yang memiliki latar belakang budaya yang beragam; lebih dari sepertiga dari populasi di kota ini lahir di luar negeri dan atau berbicara dengan sebuah bahasa yang bukan Bahasa Inggris.

Perpustakaan Max Webber adalah perpustakaan terbesar di kawasan ini dan menawarkan kelas kursus Bahasa Inggris gratis 4 kali dalam sepekan. Siswa-siswa dari negara seperti Malta, Vietnam dan Afghanistan mengikuti kelas Bahasa Inggris pemula.

Sejumlah siswa di kelas ini, sudah tinggal di Australia selama berpuluh-puluh tahun – tapi hanya memiliki sedikit pemahaman tentang Bahasa Inggris. Namun demikian, perubahan keadaan dalam kehidupan telah menyebabkan mereka memiliki motivasi untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

Portrait of a Vietnamese Australian woman against a grey wall
Tu Muoi Hau ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris karena anak laki-lakinya sekarang sudah pindah jauh dan tidak tinggal lagi bersamanya. .

ABC Education: Allison Chan

Tu Muoi Hau datang pertama kali ke Australia dari Vietnam 31 tahun yang lalu..

Bekerja keras sebagai pembantu di sebuah rumah sakit, Tu muoi pensiun 7 tahun yang lalu dan puteranya yang sudah dewasa pindah dari rumahnya, dia sebelumnya sangat bergantung pada puteranya untuk membantunya menterjemahkan. Belajar Bahasa Inggris, di kemudian hari dalam kehidupannya, telah memberinya rasa baru atas kemandirian.

Portrait of a Turkish Australian woman against a grey wall
Fatma Akyurek bermigrasi dari Turki ke Australia pada tahun 1979.

ABC Education: Allison Chan

Fatma Akyurek telah tinggal di Australia sejak tahun 1979, bermigrasi dari Turki. Kehadiran cucu laki-lakinya adalah motivasinya untuk belajar Bahasa Inggris.

Portrait of a Chinese Australian woman against a grey wall
Ketika Hui Yan He datang ke Australia, dia bekerja di pabrik yang menggunakan bahasa China.

ABC Education: Allison Chan

Hui Yan He lahir di China dan telah tinggal di Australia sejak tahun 1984. Dia bekerja di sebuah pabrik milik orang China, hingga tiba waktunya masa pensiun, dan sekarang dia berminat untuk meningkatkan Bahasa Inggrisnya.

Sanath Gopinath, seorang pensiunan personil tentara India, adalah seorang relawan guru di Perpustakaan Blacktown dan sangat mendukung alasan dari murid-muridnya untuk belajar Bahasa Inggris.

Pelajar belajar membaca dengan suara keras
Membaca dengan suara lantang adalah salah satu cara bagi pelajar untuk berlatih berbicara di kelas Bahasa Inggris di perpustakaan Blacktown.

ABC Education: Allison Chan

Guru-guru yang lain, Noel Willis, telah menjadi relawan guru selama 1,5 tahun dan sebelumnya telah menghabiskan waktu selama 40 tahun bekerja di sejumlah perpustakaan. Dia menyaksikan bagaimana perpustakaan telah berevolusi dari ruangan dengan hanya koleksi buku-buku.

Sebaliknya, saat ini perpustakaan adalah ‘sebuah pusat pembelajaran yang meliputi – tidak hanya buku -tapi juga interaksi dengan orang lain, komputer dan jenis-jenis teknologi lainnya.”

Melalui pelajarannya, Noel Willis, berharap dapat membangun kepercayaan diri murid-muridnya – sehingga mereka dapat dengan nyaman menggunakan Bahasa Inggris setiap hari dalam kehidupan mereka.

Dia juga menyaksikan manfaat lain dari belajar Bahasa Inggris di Perpustakaan:

Teacher holding a sign with '000' and pointing to examples of emergencies on the whiteboard
Sanath Gopinath mengajar murid-muridnya mengenai bagaimana menghubungi layanan kedaruratan di Australia.

ABC Education: Allison Chan


Jadi apa nasehat yang para guru-guru ini berikan kepada mereka yang belajar Bahasa Inggris?

Ikuti pelajaran Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dan berbagai tips lainnya dengan bergabung bersama  Learn English Facebook page.