ABC

ELL: Bagaimana Menulis Argumen yang Seimbang dalam Bahasa Inggris

Menulis argument dengan seimbang dan mengekspresikan pendapat anda merupakan kemampuan yang penting yang dinilai dalam tes Bahasa Inggris.

Dalam pelajaran kali ini, kita akan menelaah sebuah pertanyaan sederhana mengenai ponsel pintar atau smartphone dan pelajari bagaimana menyusun sebuah respon tertulis anda mengenai hal itu.

Pertanyaan ini meminta anda untuk menyampaikan pendapat yang seimbang dan menawarkan pendapat anda. Sebuah argument yang seimbang melibatkan argument atau pendapat yang setuju atau menolak isu yang diutarakan.

Didalam respon anda harus terdapat 4 paragraf:

  1. Introduction atau pengenalan
  2. Pendapat yang setuju/tidak setuju dengan pernyataan diatas
  3. Sebuah pendapat yang tidak sepakat/sepakat dengan pernyataan diatas
  4. Kesimpulan dengan pendapat anda

Pengenalan

Penting adanya untuk mengindentifikasi masalah utama dalam sebuah pernyataan esai dan menunjukan pemahaman anda dari berbagai sudut pandangan didalam sebuah pengenalan atau introduction. Anda harus juga mengidentifikasikan posisi atau pendapat anda sendiri didalam pengenalan ini.

Young woman looking at a smartphone that she is holding in her hand
Smartphones menawarkan cara berkomunikasi yang nyaman dan mudah digunakan.

Unsplash: Luke Porter


Setuju dengan pendapat yang diajukan

Dapatkah anda memikirkan beberapa alasan yang mendukung pernyataan dan pertanyaan esai ini? Bagaimana bisa sebuah ponsel ‘berguna dalam kehidupan sehari-hari.”.

Anda bisa memulai paragraf ini dengan sebuah kalimat mengenai topik ini, yang mengindikasikan kalau anda akan berbicara mengenai alasan mengapa smartphone 'bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari."

Menyelenggarakan sebuah jawaban yang lebih rinci dengan mengikutinya dengan pernyataan yang dimulai dengan transisi atau peralihan pendapat.

"Terlebih lagi, kebanyakan orang perlu berpindah atau bepergian pada satu saat dalam sehari. Ada begitu banyak aplikasi smartphone yang dapat membantu secara signifikan dengan penggunaan aplikasi tersebut. Misalnyam ada aplikasi peta yang dapat memberitahu anda lokasi anda dan bagaimana mengunjungi suatu tempat tujuan tertentu. Ada begitu banyak aplikasi transportasi yang dapat memberitahu anda kapan bus atau kereta berikutnya akan tiba.

Man standing on a train platform looking at his smartphone.
Smartphones merupakan perangkat yang berguna untuk melakukan segala sesuatunya tapi mereka juga bisa menjadi sumber yang mengalihkan perhatian dari dunia di sekeliling kita.

Unsplash: Clem Onojeghuo

Tidak sepakat dengan pernyataan yang diajukan

Dapatkah anda memikirkan beberapa alasan yang membantah pernyataan dan pertanyaan esai tersebut? Dapatkah smartphone ‘merusak kesehatan dan hubungan kita dengan orang lain”. Disamping ‘berguna bagi kehidupan kita sehari-hari.”

Dalam contoh berikut, kita harus secara jelas menekankan dampak dari penggunaan smartphone terhadap kesehatan dan hubungan kita.

Sekali lagi, mulaikan dengan kalimat topik yang mengindikasikan apa yang akan dijelaskan dalam paragraph tersebut:

Sementara benar kalau smartphone merupakan perangkat yang nyaman digunakan, mereka juga sudah pasti menciptakan kebiasaan yang merugikan yang dapat menciptakan dampak lanjutan pada kesehatan dan hubungan kita terhadap satu sama lain.

Kita tahu paparan layar gawai dalam waktu lama dapat merusak mata kita. Bagaimanapun juga, kita masih tetap saja menggunakan gawai secara reguler karena kenyamanan dan kemudahan akses yang ditawarkan smartphone telah membuat sulit untuk meletakan smartphone.”

Kesimpulan dari pendapat anda

Akhiri tanggapan anda dengan secara jelas menyatakan pendapat anda dan menyimpulkan gagasan utama yang anda ekspresikan.

Ikuti perlajaran Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dan berbagai tips lainnya dengan bergabung bersama Learn English Facebook page.