ABC

ELL: Ajari Anak Pengucapan Bahasa Inggris yang benar

Perkembangan bahasa pada anak-anak amat penting dalam membentuk anak-anak yang percaya diri yang dapat berkomunikasi secara efektif. Pakar terapi wicara (Speech pathologist), Janelle Curry berbincang kepada Australia Plus mengenai bagaimana orang tua dapat membantu anak-anak mereka belajar bagaimana mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris secara benar sejak kecil meskipun mereka berasal dari negara yang bukan penutur Bahasa Inggris.

Apa tantangan umum yang biasa dihadapi anak-anak berusia 4 tahun ketika mereka belajar Bahasa Inggris?

"Tantangan umumnya adalah tata bahasa atau grammar. Seiring dengan anak-anak mulai lebih fasih dan membuat kalimat sendiri mereka akan melakukan kesalahan secara tata bahasa. Misalnya saja, “I no want put sock” ketimbang “I don’t want to put on the sock'.

Bagaimana orang tua bisa membantu anak-anak mengatasi tantangan ini?

"Orang tua bisa membantu anak mereka dengan mengulang kembali kalimat yang dibuat anak mereka dan menambahkan tata bahasa atau kata-kata yang benar".

Bagaimana aplikasi atau apps dengan narasi Bahasa Inggris bisa membantu orang tua mengajar anak-anak mereka bagaimana mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan benar?

"Otak anak-anak itu seperti spons - semakin banyak mereka terpapar dengan kata-kata, akan semakin kuat kemampuan Bahasa Inggris dan tata bahasa mereka nantinya."

Penting bagi anak-anak untuk mempelajari dan mampu mengucapkan pelafalan kata yang benar ketika mempelajari kata-kata baru sehingga mereka bisa menyimpannya dengan benar di otak mereka.

Bagaimana dengan anak-anak yang berasal dari negara yang bukan penutur Bahasa Inggris? Bagaimana mereka bisa belajar melafalkan kata dalam Bahasa Inggris dengan baik pada usia itu?

"Jika kemahiran Bahasa Inggris orang tua mereka tidak begitu baik atau pengucapan kata Bahasa Inggris mereka tidak jelas, aplikasi audio bisa menjadi cara yang bagus buat anak-anak untuk bisa mendapatkan model tata bahasa dan pelafalan kata yang baik dengan cara yang menyenangkan. Jika anak-anak mengikuti penitipan anak atau pre-school, penting bagi pendidiknya untuk tahu kalau mereka sedang belajar Bahasa Inggris. Sehingga dengan kondisi seperti ini pendidiknya tahu kalau dia harus memotong kalimat yang panjang menjadi kalimat yang lebih pendek atau satu kata tunggal saja dan mengajarkan kosa kata dengan menyematkan kata-kata itu pada objek atau tindakan."

Apa saran anda bagi orang tua yang tengah membesarkan anak mereka dengan dua bahasa?

"Ada banyak mitos seputar bilingual. salah satunya menyatakan kalau bilingual bisa menyebabkan tertundanya kemampuan berbahasa (language delays) tapi bukan seperti ini kondisinya.

Anak yang berbicara dua bahasa yang menunjukan penundaan di tahapan pencapaian bahasa bisa jadi memiliki gangguan bahasa dan harus diperiksa oleh pakar terapi wicara.

Janelle Curry adalah praktisi ahli terapi wicara bersertifikat di Melbourne. Dia juga Direktur Melbourne & Peninsula Speech Pathology dan telah bekerja dengan anak-anak selama 17 tahun.

Australia Plus Kids Learn English app akan membantu anak-anak belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan! Mari bergabung dengan tokoh kartun favorit Australia sambil anda dan anak anda mempelajari Bahasa Inggris.

Beli aplikasi ini untuk Android dan iOS:

http://ausp.lu/s-KidsAppiOS

http://ausp.lu/s-KidsAppGPlay