ABC

Ekuador Larang Julian Assange Bicara Politik

Pemerintah Ekuador memerintahkan Julian Assange untuk mematuhi sejumlah aturan rumah yang baru, termasuk menghindari isu-isu politik, membersihkan kamar mandinya dan merawat kucingnya jika dia ingin koneksi internetnya terhubung kembali.

Dalam memo setebal sembilan halaman, yang diterbitkan oleh situs Ekuador, Codigo Vidrio, pendiri WikiLeaks itu dilarang "mencampuri urusan internal negara lain" atau terlibat dalam kegiatan "yang dapat mengganggu hubungan baik Ekuador dengan negara lain".

Julian Assange, yang diberikan suaka oleh kedutaan Ekuador di London pada tahun 2012, juga diberitahu dalam memo itu bahwa kucing peliharaannya akan disita dan dibawa ke penampungan hewan jika dia tidak merawatnya.

Pada hari Minggu (14/10/2018), WikiLeaks mengatakan, Julian Assange akan kembali mendapat fasilitas koneksi internet, tetapi tidak jelas apakah langkah itu bergantung jika dia menyetujui aturan yang ditetapkan oleh Ekuador.

Memo ini sebagian besar mengatur masalah keamanan dan komunikasi, tetapi menawarkan petunjuk atas masalah Julian Assange lainnya di kedutaan, seperti kebutuhan untuk membersihkan kamar mandinya.

Ketegangan telah lama dibangun antara Julian Assange dan tuan rumahnya, terutama setelah mantan perusuh asal Australia itu mulai aktif berkomentar mengenai separatis Catalonian di Spanyol tahun lalu.

Pada bulan Maret, Ekuador mengumumkan bahwa ia membatasi akses internet Assange.

Julian Assange mengungsi di Kedutaan Ekuador untuk menghindari ekstradisi ke Swedia, di mana ia menghadapi sejumlah tuduhan kejahatan seksual.

AP

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.