ABC

Eksport Susu Segar dengan Angkutan Udara ke China

Perusahaan susu terbesar dan tertua di Australia mengumumkan rencananya mengirimkan susu segar dengan menggunakan angkutan udara setiap minggu langsung dari Tasmania ke China.

Moon Lake Investment, perusahaan investasi China yang menguasai perusahaan raksasa susu di Tasmania, Van Diemen’s Land (VDL), menguraikan rencananya untuk mengekspor sekitar 10 juta liter produk susu "VAN Milk" dari Hobart ke Ningbo di China, mulai awal tahun depan.
Direktur Manager Moon Lake, Sean Shwe mengatakan saat ini masih dilakukan negosiasi dengan sejumlah perusahaan maskapai dan bandara udara untuk membahas peningkatan jadwal pengiriman produk susu mereka. Dari yang awalnya hanya melakukan penerbangan pulang pergi mingguan, akan ditingkatkan hingga tiga kali per minggu.
"Ini merupakan bisnis yang menarik bagi perusahaan kami, Peternakan VDL dan terbuka juga kemungkinan untuk semua produsen produk segar yang mudah rusak seperti seafood, buah dan sayuran di Tasmania," kata Shwe.

Perusahaan VDL dijual ke Moon Lake pada April 2016 lalu.

Ketika itu, perusahaan ini mengatakan akan berusaha meningkatkan produksi susu mereka dan memperluas pasar dengan menggunakan merek susu Tasmania.
Perusahaan Susu VAN akan membuka rute angkutan reguler internasional pertama ke Asia di Tasmania.
Moon Lake mengatakan produk susu mereka awalnya akan tersedia dalam kemasan karton berukuran 1 liter dan 600 ml, dan mereka berencana memperluas jangkauan pemasarannya dengan menyertakan yogurt dan produk lainnya untuk pasar Cina.
Shwe mengatakan perusahaannya memilih Kota Ningbo sebagai tujuan pemasaran produk susu segar mereka karena kawasan ini merupakan kota asal pemilik Moon Lake, Lu Xianfeng dan ia telah membangun jaringan untuk menjual produk susu segar ‘VAN Milk’ ini.
"Juga, kota Ningbo termasuk salah satu kota di China yang memiliki tingkat pendapatan rata-rata tertinggi dan kawasan ini sedikit kurang jenuh dengan produk barat dibandingkan dengan kota seperti Shanghai, "katanya.
"Dan yang menariknya, bahkan sebelum kami memulai pengiriman komersial kami telah lebih dahulu menjual lebih dari 15 juta yuan [$2.878.590] produk VAN Milk.”
"Kampanye pemasaran khusus akan dilakukan termasuk media sodial dan hadiah bagi konsumen di mana pembeli VAN Milk akan memiliki kesempatan memenangkan perjalanan wisata ke Tasmania dan melihat langsung dari mana susu tersebut berasal.”

Peluang pariwisata

Shwe mengatakan Moon Lake juga berencana memperluas jangkauan pasar mereka ke Shanghai, Hangzhou dan kota-kota lainnya setelah produk mereka sukses dipasarkan di Ningbo dan Beijing.
Dia mengatakan proyek VAN Milk akan menyediakan peluang kerja dan manfaat pariwisata untuk Tasmania.
"Proyek ini sangat bagus bagi VDL dan komunitas di pesisir Barat Laut seiring dengan proyek ini mendorong perusahaan yang dahulunya hanya memproduksi susu dan melihat produk susu itu meninggalkan gerbang perusahaan mereka menjadi perusahaan yang sekarang memproduksi produk eksport berkualitas tinggi dan memiliki nilai tambah, sehingga bisa lebih memberikan mereka keamanan dan kepastian harga,” paparnya.
"Proyek ini juga akan menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru di Tasmania dibidang pemrosesan dan eksport dan akan terbuka peluang yang luar biasa untuk meningkatkan pariwisata warga China dibalik promosi kami mengenai Tasmania dan Pesisir Barat Laut sebagai bagian dari rencana pemasaran kami di China,”
Perusahaan lain di Tasmania, yakni produses susu formula untuk bayi Bellamy's, telah juga melihat peningkatan ekspor ke China dan pada bulan Agustus lalu perusahaan ini mengumumkan lonjakan keuntungan hingga 322 persen.

Diterjemahkan pada pukul 19:05 WIB, 26/10/2016, oleh Iffah Nur Arifah. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.