ABC

Duta Swisse di Rio: Carmen Merton

Carmen Marton memiliki tendangan yang sangat kuat sehingga dia dianggap sebagai lawan serius dalam semua pertandingan Taekwondo - dan dia sudah menekuni cabang olahraga ini sejak kira-kira berusia 10 tahun. Tapi Carmen tidak membiarkan karir dan reputasinya yang cemerlang membuatnya berpuas diri. Dia selalu dan akan selalu menjadi salah satu atlet yang berlatih paling keras dan atlet perempuan paling sukses dalam kontingen Australia.

Jejak prestasi menuju Rio

Sejak melakukan tendangannya untuk pertama kali ketika berusia 8 tahun, tekad Carmen adalah bertanding di cabang olahraga Taekwondo. Peluang pertamanya tiba ketika dia berusia 15 tahun, saat itu dia memenangkan medali emas dalam Kejuaraan Taekwondo di Korea, negara tempat lahirnya cabang olahraga ini.

Tahun berikutnya ia memenangkan medali perak di ajang kejuaraan dunia World Cup, dan sejak saat itu ia banyak meraih medali di beberapa kejuaraan taekwondo internasional bergengsi, termasuk dua kali Olimpiade.

Prestasi terbesar yang tidak diragukan sepanjang karirnya adalah menjadi juara taekwondo dunia pertama dari Australia tahun 2013, ketika dia berhasil menyabet gelar juara di divisi berat ringan. Olimpiade Rio akan menjadi pertandingan Olimpiade ketiga yang dia ikuti dan sekarang seperti juga Olimpiade sebelumnya, target utamanya dalah membawa pulang medali emas.

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Swisse Powering Dreams: Carmen Marton interview

Saksikan interview dengan Carmen Marton YouTube: Swisse Wellness

Mengapa atlet ini disukai

Carmen adalah atlet yang sangat fokus pada bidangnya tapi dia dengan jujur mengaku bahwa dia tidak suka berlatih. Dengan itu, kita mungkin memiliki perasaan yang sama kalau kita harus menjalani latihan fisik serius.

Selain itu, tahun ini saudara perempuannya, sahabat dan kekasihnya juga akan bertanding juga dalam ajang Olimpiade Rio bersamanya dan mereka menjadi 4 tim atlet taekwondo terkuat Australia.

Dan juga setelah seorang pembawa acara TV membuat komentar meremehkan tentang cabang olahraga yang ditekuninya, dia muncul di The Footy Show untuk mempertahankan cabang olahraga taekwondo, dan berhasil mendapatkan banyak pujian karena wawancara tersebut.

Carmen Marton
Carmen Marton.

Supplied: Swisse

Kutipan favorit Carmen

Dalam bidang olahraga: 

Mengenai karirnya: 

Anda bisa menyaksikan Carmen (dan rekan satu timnya) bertanding di matras Taekwondo pada Olimpiade Rio 2016.

Artikel ini diproduksi oleh Swisse.