ABC

Duta Olimpiade Swisse di Rio: Rowie Webster

Dikenal sebagai salah satu pemain polo air paling tangguh, atlet putri asal Victoria Rowie Webster biasanya mengenakan topi nomor tujuh dan bermain di posisi belakang tengah di tim nasional putri Australia. Rekan-rekannya sering menyebutnya sebagai 'bintang polo air terbaik di dunia.' Di dalam Australia di Olimpiade Rio de Janeiro, Webster juga adalah wakil kapten tim.

Perjalanan ke Rio

Paling muda dari empat bersaudara, Rowena mulai berkecimpung di olahraga sejak kecil. Dia adalah bagian dari komunitas penyelamat pantai sejak usia 7 tahun dan juga senang surfing. Dan sebelum terjun di polo air, dia pernah bermimpi untuk mewakili Australia di Olimpiade di cabang bola basket.

Kecintaannya dengan polo air boleh disebut cepat. Dia menjalani uji coba untuk masuk ke tim negara bagian Victoria ketika berusia 12 tahun. Saudara perempuannya Larissa masuk tapi Rowena tidak. Karena itu, dia kemudian betul-betul mencurahkan konsentrasinya untuk meningkatkan kemampuan renang dan mengolah bola. Konsentrasi itu membuatnya kemudian terpilih mewakili Australia di kejuaraan dunia junior di usia 16 tahun sebagai kapten tim.

Rowena kemudian belajar dan berlatih di Arizona (di college terbesar di Amerika Serikat), bermain di liga nasional Yunani, dan mencetak rekor sebagai pencipta gol terbanyak di liga Australia. Dia juga membantu timnya merebut medali perunggu di Olimpiade London tahun 2012, disusul dengan medali perak di kejuaraan dunia 2013, dan medali perak lagi di Piala Dunia 2014. Keterlibatannya di Rio adalah di Olimpiade yang kedua, dan kali ini menurutnya adalah untuk 'memberdayakan para pemain polo air Australia generasi mendatang."

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Video Rowena Webster

Lihat interview dengan Rowie Webster YouTube: Swisse Wellness

Mengapa dia disukai

Selain sudah memperkuat Australia dalam lebih dari 200 pertandingan, dan 250 pertandingan di liga nasional polo air Australia, Rowie juga dikenal sebagai atlet yang sangat kompetitif dan seperti tidak mengenal rasa takut. Di sekolah dia juga beermain sepakbola gaya Australia (footy), dan harus berhenti karena para murid pria mengatakan dia bermain terlalu 'keras.'

Atlet favoritnya adalah Michael Jordan, bintang basket Amerika Serikat dan perenang putri Australia Ky Hurst, yang memiliki tato bertuliskan "One life. No regrets" (Hidup cuma sekali, tidak ada penyesalan).

Kutipan favorit dari Rowie

Mengenai perilaku: 

Bahkan bila kita tertinggal dalam pertandingan, kita masih memiliki pilihan. kita bisa menyerah dan kalah atau tidak menyerah dan berusaha untuk mendapatkan kesempatan untuk menang.

Mengenai polo air: 

Ini seperti gulat gaya Romawi, dengan tingkat kebugaran seperti pelari maraton.. dan dengan bola, kita harus memiliki ketrampilan main basket dan bola tangan. Dan kadang juga tinju. Jadi saya kira ini seperti pertandingan tinju gaya bebas (UFC) di dalam air.

Artikel ini diproduksi oleh Swisse.