ABC

Duo Ibu Hamil Sukses Jalankan Bisnis Jutaan Dolar

Jangan meremehkan obrolan dua ibu hamil di dapur, karena siapa tahu itu adalah awal mula lahirnya kerajaan bisnis jutaan dollar!. Inilah yang terjadi pada duo ibu hamil asal Sydney, Louise Ferguson dan Kate Cotton, yang kebetulan tengah sama-sama mengambil cuti persalinan.

Louise menuturkan, “Ada ketakutan pada diri saya, ketika anda mengambil cuti persalinan artinya anda tidak punya pendapatan, tapi di sisi lain kita juga tak sanggup memikirkan untuk menitipkan anak ke panti pengasuhan karena mahal. Jadi karena itulah kami mencari bisnis sementara, tapi yang terjadi malahan kami benar-benar beruntung bahwa kami akhirnya sadar ada ide bisnis yang bisa kami kembangkan dan itu adalah... ”

“Produk untuk menggelapkan warna kulit,” sahut Kate Cotton.

Produk yang mereka kembangkan bernama “Skinny Tan,” dan hanya dalam satu tahun sejak ide bisnis ini dimunculkan, keuntungan keduanya telah hampir mencapai satu juta dolar.

Seperti layaknya bisnis-bisnis pemula, tempat berjualan pertama adalah garasi rumah mereka di pinggiran Sydney.

“Awalnya kami cuma melayani pesanan online, kemudian tak lama setelah itu kami mendapat kontrak dari toko farmasi ‘Priceline’, dan selanjutnya dalam satu bulan, garasi kami menjadi terlalu sempit,” ujar Louise.

Saat ini produk Louise dan Kate telah didistribusikan melalui gudang barang yang layak karena keduanya mencoba untuk menyesuaikan dengan lonjakan permintaan.

Tak hanya terdapat di toko farmasi, kini produk duo ibu ini juga telah merambah pasar swalayan.

“Bisa masuk pasar swalayan, kami sungguh-sungguh beruntung. Mereka melihat konsep kami, terutama karena toko farmasi itu adalah klien pertama, kami cukup akrab dengan orang-orang di sana. Jadi kami terus berusaha saja dan normalnya ini bisa sampai tahunan,” urai Kate bangga.

Ekspansi ke luar negeri

Tak puas dengan kesuksesan mereka di Australia, Louise dan Kate mencoba merambah pasar Inggris.

Mereka coba tampil di program BBC berjudul “Dragons Den,” yang menampilkan pebisnis-pebisnis potensial. Mereka dan produk yang dipasarkan, dihadapkan pada 5 milyuner yang telah menyiapkan dana investasi sebesar 60.000 poundsterling, yang siap dikucurkan jika mereka tertarik akan bisnis pengusaha potensial tersebut.

“Mereka sebenarnya bisa membunuh karakter anda, dan saya jujur saja lebih takut kalau mereka menganggap saya tidak becus ketimbang mereka menolak bisnis saya,” cerita Louise.

Namun yang terjadi, produk Louise dan Kate justru membuat kelima investor bersaing untuk menanamkan investasi pada bisnis mereka.

Akhirnya dua ibu asal Australia ini menerima tawaran suntikan saham sebesar 10 persen dari salah seorang milyuner. Walau pemaparan ke konsumen potensial-lah yang sebenarnya menyumbang keuntungan terbesar dari bisnis mereka. Keuntungan bisnis duo ibu ini mencapai 250.000 Poundsterling dalam 5 minggu, dari penjualan lewat website.

Kini, penjualan produk milik Louise dan Kate di Inggris telah beromzet setengah juta Poundsterling. Jumlah keuntungan yang sama juga diprediksi muncul di Kanada, Irlandia dan Spanyol.