ABC

Dua Pemuda Ditangkap Akibat Kebakaran Hebat di Sydney Barat

Dua orang telah ditangkap menyusul kebakaran "hebat" di Sydney barat yang menghancurkan satu rumah di wilayah Cranebrook, dan menyebar ke wilayah terdekat, Llandilo, sebelum petugas pemadam kebakaran mampu memadamkan api.

Seorang pria berusia 21 tahun dan remaja laki-laki berusia 17 tahun diinterogasi oleh polisi di saat ratusan petugas berusaha memadamkan kobaran api, yang pertama kali dilaporkan kepada pihak berwenang sebelum pukul 14:00 waktu setempat.

Kebakaran yang menyebar dengan cepat ini terjadi di Cranebrook dan membuat pihak berwenang segera mengevakuasi sejumlah hunian, dua sekolah dan panti jompo.

Api cepat menyebar ke pinggiran kota terdekat dan peringatan darurat dikeluarkan untuk wilayah Llandilo dan Londonderry dekat Penrith, namun kemudian hal itu diturunkan menjadi peringatan waspada.

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

TWITTER: Kebakaran di Dekat Vincent Road

Polisi telah memastikan bahwa satu rumah hancur, dan tidak ada laporan korban cedera.

Pada Jumat (4/11) sore, Deputi Komisaris Rob Rogers dari satuan pemadam setempat mengatakan, api itu "membara dengan hebat di tengah angin kencang".

"Api kemudian bergerak ke arah tenggara daerah Llandilo dan memengaruhi wilayah jalan 7th, 8th, dan 6th avenue, hingga 9th Avenue, dan lalu ke semak terbuka," jelasnya.

Pihak berwenang juga menyuarakan kekhawatiran bahwa api bisa mengarah "ke daerah perkotaan beberapa kilometer di sebelah tenggara".

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

TWITTER: Peringatan Kebakaran

Api bergerak seperti roket

Kendaraan seorang warga ditelan api saat diparkir di samping semak di Cranebrook.

"Ia [api] bergerak seperti roket," sebutnya.

Seorang warga lain mengatakan, ia berhasil memadamkan api di depan rumahnya setelah lari dari tempat kerja.

"Ibu mertua saya menelepon dan mengatakan 'pulang, rumah terbakar' dan saya menyaksikan ini," ceritanya.

Lebih dari 200 petugas pemadam kebakaran dari Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan New South Wales serta Pemadam Kebakaran Pedesaan (RFS) diturunkan ke tempat kejadian.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 17:00 WIB 04/11/2016 oleh Nurina Savitri.