ABC

Dua Bocah di Tasmania Tangkap Tuna Raksasa Lebih Dari 100 Kg

Dua bocah laki-laki asal Tasmania yakin bahwa mereka telah memecahkan rekor dunia karena menangkap tuna sirip biru selatan terbesar yang pernah ditangkap nelayan yunior.

Dua bersaudara itu memancing dengan ayah mereka di wilayah Hippolyte Rocks, lepas pantai Semenanjung Tasman di tenggara Tasmania, pada Jumat (14/8).

Sam Nichols, 12 tahun, berharap untuk memecahkan rekor dunia di kelas yunior dengan tangkapannya yang seberat 112 kilogram, yang akhirnya ia berhasil lakukan di kelas 24 kilogram.

Dua bersaudara, Sam (kiri) dan Toby Nichols, gembira akan hasil tangkapan mereka yang sangat besar. (Foto: Facebook, Lochi Nichols)
Dua bersaudara, Sam (kiri) dan Toby Nichols, gembira akan hasil tangkapan mereka yang sangat besar. (Foto: Facebook, Lochi Nichols)

Sementara Toby Nichols, 10 tahun, bisa mematahkan rekor dunia untuk kelas di bawah 11 tahun dengan tangkapannya yang seberat 119 kilogram, yang sata ini membuatnya unggul di kelas 37-kilogram.

Ayah mereka, Stuart, mengatakan, penangkapan itu adalah upaya besar yang dilakukan kedua anak laki-lakinya.

"Dua jam untuk ikan pertama, yang ternyata beratnya 112 kilo. Tangkapan kedua berlangsung 3,5 jam - beratnya 119 kilo. Satu punya anak saya yang berusia 10 tahun, satunya lagi punya anak saya yang berumur 12 tahun, itu usaha yang cukup mengagumkan untuk anak-anak muda bisa menangkap ikan seperti itu,” pujinya.

Ia menyambung, "Mereka kelelahan, mereka benar-benar kelelahan - Saya tak berpikir merek bisa melakukannya sendiri."

Stuart mengatakan, Sam harus melebihi 90kg untuk memecahkan rekor dunia sementara Toby hanya harus melebihi 40kg.

"Kami langsung tahu mereka bisa memecahkan rekor dunia untuk usia mereka, jadi kami cukup bersemangat," ungkapnya.

Ia mengatakan, rekor ini pertama-tama harus diratifikasi terlebih dahulu oleh klub tuna lokal.

"Kemudian dibawa ke institusi negara bagian lalu baru ke tingkat nasional Australia. Sampel dari kelas tangkapan dikirim, umpannya juga dikirim, semua pengukuran telah dilakukan pada batang dan gulungan serta garis, dan semua hal yang terlibat dalam penangkapan," terang Sam.