ABC

Dua Bersaudara Perenang Australia Lolos ke Olimpiade Rio

Dua bersaudara perenang putri asal Australia, Cate dan Bronte Campbell, lolos ke Olimpiade Rio setelah memenangi seleksi akhir renang gaya bebas 100 meter di Adelaide.

Cate yang lebih tua membukukan catatan tercepat dunia tahun ini, yaitu 52,38 detik, dan berhasil mendahului adiknya Bronte yang merupakan juara dunia untuk gaya bebas 100 meter.

Dalam seleksi Australian Swimming Championships di Adelaide Selasa (12/4/2016) malam, Cate dan Bronte memenangi lomba di urutan pertama dan kedua.

"Lombanya sangat menarik," ujar Cate usai memenangi seleksi itu.

"Rasanya tidak percaya akhirnya bisa naik pesawat dan memastikan kami pergi ke Rio," tambahnya.

Perenang usia 23 tahun ini mengaku tidak terlalu memikirkan bahwa posisinya sepanjang lomba selalu berada pada level rekor dunia sebelum akhirnya agak menurun di 15 meter terakhir.

"Saya tidak terlalu memikirkannya. Lomba malam ini lebih pada bagaimana menjadi yang pertama mencapai finis atau yang kedua," ujar Cate lagi.

Perenang lainnya Emma McKeon dalam seleksi itu juga berhasil membukukan rekor dunia dengan kecepatan 52,80 detik dan menempati urutan ketiga.

"Saya sudah perkirakan dia akan menampilkan sesuatu yang hebat dan benar hal itu terjadi," kata Cate mengenai McKeon.

"Untungnya Campbell bersaudara yang menang - maaf ya Emma!" tambahnya.

Rekor kecepatan ketiga perenang putri Australia untuk gaya bebas 100 meter ini lebih baik dibandingkan perenang Amerika Amanda Weir dengan 53,02 detik di tahun 2009.

Makanya, Australia kini juga menargetkan medali emas untuk cabang renang gaya bebas 4 kali 100 meter putri di Rio nanti.