ABC

Dreamworld di Gold Coast Akan Dibuka Lagi 10 Desember

Taman Bermain Dreamworld di Gold Coast (Queensland) akan mengadakan acara amal khusus tanggal 10 dan 11 Desember guna menandai pembukaan kembali tempat itu, enam minggu setelah tewasnya empat pengunjung ketika menaiki wahana Thunder River Rapids.

Perusahaan induk Dreamworld Ardent Leisure mengeluarkan pernyataan hari Rabu (30/11/2016) bahwa semua sarana di WhiteWater World (Tama Air Dreamworld) akan dibuka bersama dengan beberapa wahana dan permainan di Dreamworld.

Ardent Leisure mengeluarkan pernyataan tersebut kepada Bursa Saham Australia (ASX) dimana disebutkan bahwa Dreamworld 'harus menanggung biaya sekitar $ 1,6 juta berkenan dengan tragedi tersebut."

"Penutupan baik Dreamworld dan WhiteWater World sepanjang bulan November 2016 menyebabkan tidak adanya penghasilan selama bulan tersebut. (2015:$ 7,6 juta). Selain tidak adanya penghasilan, Divisi Taman Hiburan diperkirakan akan menanggung ongkos antara $ 4 sampai $ 4,2 juta)." kata pernyataan tersebut.

Empat pengunjung Cindy Low, Kate Goodchild, Luke Dorsett dan Roozbeh Araghi, tewas 25 Oktober lalu ketika dua perahu dalam wahana Thunder River Rapids tabrakan.

Dua anak-anak yang berada di dalam wahana tersebut selama tanpa cedera berarti.

Tidak lama setelah pernyataan kepada ASX, sebuah rilis media dari direktur eksekutif Dreamworld Craig Davidson mengukuhkan tanggal pembukaan.

Davidson mengatakan 'sejumlah atraksi Dreamworld" akan beroperasi penuh sejak tanggal 10 Desember tersebut.

"Semua atraksi yang dibuka kembali tanggal 10 Desember sudah diperiksa oleh beberapa kajian yang dilakukan di berbagai tingkatan." kata Davidson.

Terungkap minggu lalu bahwa petugas Divisi Keselamatan Tempat Kerja (Workplace Health and Safety) Queensland mengeluarkan perintah 7 hal yang mesti diperbaiki kepada Dreamworld berkenaan dengan tragedi Thunder River Rapids tersebut.

Taman Hiburan tersebut mengakui adanya adanya berbagai masalah tersebut, dan sudah memerintahkan dilakukan perbaikan.

Queensland Emergency service personnel are seen at Thunder River Rapids ride.
Kecelakan di wahana Thunder River Rapids bulan Oktober lalu.

AAP: Dan Peled

Awal bulan ini, Ardent Leisure mengatakan wahana Thunder River Rapids akan dihancurkan guna menghormati korban dan keluarga mereka.

Davidson mengatakan ketika dibuka kembali tanggal 10 Desember juga akan diselenggarakan acara amal khusus "Open Hearts – Open Doors Charity Weekend".

"Selain itu, $ 25 dari tiket yang dibayar oleh pengunjung akan diberikan kepada Palang Merah, dan Dreamworld juga akan menyumbangkan $ 25 dari setiap pengunjung yang sudah membayar dan membeli tiket terusan sebelumnya." kata Davidson.

"Dana ini akan diberikan kepada mereka yang terkena dampak dari tragedi."

Davidson juga mengumumkan masa perpanjangan enam bulan bagi mereka yang sudah membeli tiket tahunan.

Dreamworld awalnya mengumumkan akan membuka kembali tanggal 28 Oktober tiga hari setelah kecelakaan terjadi.

Manajamen taman tersebut mengatakan akan melakukan upacara mengenang para korban, dan kemudian membuka wahana yang lebih kecil dan atraksi lainnya.

Tetapi polisi menyampaikan keberatan karena Thunder River Rapids masih menjadi lokasi penyelidikan kriminal.

Diterjemahkan pukul 12:00 AEST 30/11/2016 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini