ABC

Drama komedi homoseksual di internet promosikan hak LGBT Vietnam

Drama komedi situasi Vietnam yang bercerita tentang persahabatan seorang pria muda dengan dua homoseksual  berhasil merebut perhatian publik luas. Komedi Situasi ini dinilai berhasil mempromosikan hak kelompok gay di negara yang kebebasan publiknya masih sangat dibatasi.

Komedi situasi berjudul My Best Gay Friends yang diunggah di Youtube, setiap episodenya telah ditonton sekitar 1 hingga 2 juta orang. Dari 15 episode yang direncanakan sejauh ini sudah 10 episode yang bisa dinikmati secara online di intenet.

"Pertama kali saya menciptakan acara TV ini, awalnya hanya untuk senang-senang saja,” cerita pembuat sekaligus pemeran Dang Khoa - tokoh utama dalam komedi situasi ini, Huynh Nguyen .

"Sitkom ini sangat menghibur komunitas gay, lesbian, biseksual dan transgender di Vietnam.”

"Saya tidak membayangkan sebelumnya kalau acara ini kemudian sangat ampuh, dan memberi pengaruh kepada orang lain, mereka yang bukan gay maupun para orang tua mereka.”

Komedi beranggaran rendah ini mengikuti petualangan seorang pelajar berusia 20 tahun Khoa, yang dipaksa hidup dengan dua sahabat homoseksual setelah orang tuanya mengusirnya keluar dari rumah.

Dang Khoa mengatakan ia terinspirasi untuk menciptakan acara semacam ini karena komunitas LGBT kerap dipersepsikan secara salah di media utama Vietnam.

"Saya lihat acara di TV sangat salah mengartikan komunitas gay. Mereka hanya menjadikan kami lelucon dan itu sangat salah," kata Dang Khoa.

Meskipun homoseksual secara tradisional masih dianggap tabu dalam kebudayaan Vietnam, komunitas LGBT di Vietnam  menikmati publikasi positif beberapa tahun belakangan ini.

Kementrian Kehakiman dan Kesehatan keduanya telah mendukung pernikahan gay, negara itu juga telah 2 kali menyelenggarakan parade kebanggaan LGBT, sementara penyanyi transgender Huong Giang telah menjadi finalis Vietnam Idol, dan film seperti Lost in Paradise telah meraih pengakuan internasional.

Musim kedua My Best Gay Friends akan berbentuk drama musical, yang proses pembuatan filmnya sebanyak 15 sampai 20 episode akan mulai dilakukan bulan depan.

"Drama musikal saya berikutnya akan dibuat dalam anggaran terbatas,"katanya.

"Saya memiliki teman yang juga seorang composer music bagus, dan juga kelompok teman yang akan membantu mengambil gambar dari acara baru saya nanti.

"Dan juga, kelompok penari yang akan merancang koreografi yang akan digunakan didalam show tersebut.”

Meskipun popular di Internet, Dang Khoa mengaku acara besutannya belum menarik minat media siaran utama di Vietnam.