ABC

Dosen Australia Ciptakan Kamus Footy Berbahasa Inggris-Mandarin

Kecintaan akademisi bernama David Caldwell terhadap olahraga sepakbola khas Australia atau footy telah membuahkan ‘Kamus Inggris-China’ pertama di Liga Sepak Australia (AFL).

Kamus berjudul ‘The Footy Dictionary’ ini sepenuhnya tersedia online dan telah diluncurkan di China.

Dr David, dosen bahasa Inggris di Universitas Australia Selatan, bermain footy ketika ia masih muda dan terus menontonnya sebagai seorang suporter.

Ide untuk membuat kamus footy online muncul ketika ia didekati oleh klub footy ‘Port Adelaide’ agar membuat kamus yang menjelaskan istilah dalam AFL. Klub ini telah mempromosikan AFL di China selama tiga tahun terakhir.

Pada tahun 2017 nanti, klub Port Adelaide akan bermain di pertandingan AFL pertama untuk laga perdana di China melawan klub Gold Coast Suns. Pertandingan ini akan dimainkan pada 14 Mei di Shanghai.

Port Adelaide
Para pemain klub Port Adelaide menunjukkan kostum mereka yang mencantumkan nama dalam bahasa Inggris dan Mandarin.

Supplied; Port Adelaide Football Club

Musim AFL biasanya berlangsung dari bulan Maret sampai September, tetapi Dr David mengatakan, keputusan untuk meluncurkan kamus setelah grand final AFL pada 1 Oktober tahun ini, disebabkan oleh peringatan Hari Nasional di China yang jatuh pada hari yang sama.

‘Footy Dictionary’ adalah kamus Inggris-China pertama yang didedikasikan untuk sepak bola (footy) Australia.

Dr David mengatakan, ada alasan yang disengaja mengapa kamus ini benar-benar sepenuhnya online.

"Ini adalah versi satu. Kami ingin dan mengharapkan kamus ini untuk tumbuh, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah online," terangnya.

"Butuh waktu lebih lama untuk memproduksi kamus versi cetak! Kami juga ingin agar masyarakat bisa berinteraksi, mengemukakan pendapat, definisi mereka dan sebagainya."

"Selain itu, dari apa yang saya kumpulkan, ini salah satu dari sedikit kamus online yang menerjemahkan istilah-istilah kunci dari salah satu olahraga ke dalam bahasa lain."

AFL adalah liga profesional footy di Australia  -salah satu olahraga khas paling populer di Australia. Permainan ini memiliki sejarah panjang dan kaya budaya Australia dan disebut-sebut berasal dari tahun 1859.

"Dengan mendokumentasikan dan melestarikan istilah AFL, kamus ini juga bisa berfungsi sebagai sumber penting bagi bahasa dan pendidikan literasi, melibatkan pelajar bahasa pertama dan kedua bersama-sama," kata Dr David.

"Sebagai seorang ahli bahasa, semua praktek bahasa begitu penting untuk mendokumentasikan dan melestarikan. Hal ini terutama berlaku untuk sesuatu seperti terminology AFL yang belum resmi dikodifikasikan dalam kamus."

Menurut Dr David, footy mewakili ‘gurauan, humor, keanehan Australia, keengganan kami untuk menganggap sesuatu terlalu serius –atau istilahnya berandalan muda Australia".

Untuk memenuhi pasar China, kamus ini menyediakan terjemahan China dari istilah AFL bersama dengan penjelasannya. Beberapa istilah memiliki gambar dari sebuah permainan untuk menggambarkan arti istilah tersebut.

"Nantinya, kami ingin menambahkan audio dari pembicara bahasa Inggris Australia dan Mandarin China," sebut Dr David.

David Caldwell
David Caldwell bersama para pemain footy dari China.

Supplied

Terjemahan sebaliknya juga tersedia untuk memberikan versi bahasa Inggris dari penjelasan dalam bahasa China. Meski demikian, mereka terkadang tak selalu sesuai dan bisa terdengar lucu.

"Salah satu favorit saya adalah 'Australian Rules Football League', di mana 'football’ adalah diterjemahkan kembali menjadi 'oliveball', sesuai dengan penampilan / bentuk bola," ungkapnya.

Langkah berikutnya, Dr David berusaha untuk memahami bagaimana penonton China berperilaku ketika menyangkut AFL dan bahasa.

"Saya benar-benar belum pernah bercakap dengan mereka yang pernah atau belum pernah menonton pertandingan. Ini adalah penelitian yang saya harap bisa dilakukan tahun depan," katanya.

"Saya ingin berada di pertandingan AFL pertama yang dimainkan di China dan mulai merekam apa yang dikatakan penonton."

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.