ABC

Dokter Asal Queensland Muncul di Video Propaganda Perekrutan ISIS

Seorang warga Australia yang berprofesi sebagai dokter terlatih yang diidentifikasi bernama Tareq kamleh muncul dalam video propaganda ISIS yang menyerukan agar rekannya sesama dokter yang lain ikut bergabung dengannya di Suriah. 

ABC telah berhasil mendapatkan konfirmasi kalau Dr Kamleh, yang muncul di Video propaganda ISIS dan menyebut dirinya sebagai Abu Yusuf, lulus daro Universitas Adelaide pada tahun 2010, dan tercatata sebagai dokter di Australia Barat dan banyak menghabiskan waktunya di Northern Territory.
 
Kamleh juga bekerja di Queensland pada tahun 2013, mendorong Menteri Utama Autralia Barat, Annastacia Palaszczuk pada hari Minggu (26/4) mengatakan dirinya sangat  terkejut dengan kemunculan Dr Kamleh di video propaganda ISIS.
 
Didalam video propaganda tersebut, Tareq Kamleh mengatakan dirinya pindah dari Australia ke kota yang dikuasai tentara ISIS di Raqqa Suriah untuk membantu perjuangan ISIS.
 
"Saya melihat ini sebagai bagian dari jihad saya untuk Islam demi membantu sesama muslim di kawasan ini dengan apa yang saya mampu, yaitu di sektor kedokteran," katanya.
 
Kamleh juga mengatakan dia berharap pindah ke Suriah lebih awal.
 
"Ketika tiba disana saya sangat bahagia telah mengambil keputusan ini, saya sedikit  sedih karena telah menunda keputusan tersebut, seharusnya saya datang ke kawasan ini lebih cepat,"
 
Dr Kamleh memulai karirnya di Adelaide dimana dia lulus dengan gelar sarjana Kedokteran dan sarjana Bedah pada tahun 2010.
 
Dia kemudian bekerja di Rumah Sakit Ibu dan Anak di Adelaide sejak Februari 2011 - hingga Januari 2013 sebagai sebagai tenaga pencatat pendaftaran di kedokteran anak, tetapi sempat menghabiskan waktu selama beberapa waktu di Northern Territory pada tahun 2012.
 
Staf yang bekerja di Rumah Sakit Alice Springs telah membenarkan kalau sosok yang tampil dalam video propaganda ISIS adalah benar rekan mereka Dr Kamleh.
 
"Ini menunjukkan arah jangka panjang yang disasar organisasi teroris ini,"
 
ABC telah mendapat konfirmasi  kalau Dr Kamleh pindah ke Rumah Sakit Pangkalan Mackay di Queensland pada bulan Februari tahun 2013, di mana dia menghabiskan sisa kerja tahun sebagai dokter junior di departemen pediatrik rumah sakit.
 
Palaszczuk mengatakan dirinya sangat terkejut mantan dokter Australia bisa tampil di video perekrutan ISIS.
 
Dia mendorong warga Queensland untuk tidak berurusan dengan ISIS.
 
"Saya kira semua warga Queensland akan berbagi perasaan yang sama dengan saya kalau kita semua benar-benar terkejut mendengan kabar ini," katanya.
 
"Ini menunjukan organisasi teroris ini akan terus dan dalam waktu lama melakukan perekrutan," katanya.
 
Dari laman akun Facebooknya Dr Kamleh banyak mengunggah foto dirinya tampil memegang senjata. Belum diketahui kapan dia meninggalkan Australia.