ABC

Doa Untuk Para Korban Haiyan di Filipina

Ratusan orang menghadiri misa kebaktian di Gereja Paroki San Jose di kota Tacloban di Filipina untuk mendoakan para korban Topan Haiyan.

Gereja itu masih berdiri kendati atapnya telah hancur dihantam angin topan terkuat itu dua pekan lalu dan menewaskan total lebih dari lima ribu orang.

Setidaknya sekitar 1700 orang tewas di kota itu dan sejumlah besar jenazah dikuburkan secara massal.

Hingga kini aliran listrik belum pulih di Tacloban, namun sejumlah wilayah sudah bisa mengakses air bersih, sedangkan pertokoan dan stasiun pengisian bensin mulai buka.

Petugas Filipina mengungkapkan jumlah korban bisa meningkat dari yang diperkirakan lebih dari lima ribu orang meskipun demikian upaya pemulihan mulai terus dilakukan.

Haiyan menghantam pesisir timur Filipina pada 8 November dan bergerak cepat ke pulau-pulau utama, Haiyan membawa angin berkecepatan 235 kilometer per jam dan hembusan hingga 275 kilometer per jam serta gelombang badai dari 6 meter.

Otoritas setempat mengevakuasi 800 ribu orang sebelum Haiya mampir, tapi jumlah korban justru meningkat karena tempat tempat evakuasi seperti gedung sekolah, gereja dan gedung pemerintahan tidak mampu bertahan dari angin dan air.

Petugas mengatakan orang-orang yang mencari perlindungan di gedung-gedung itu tenggelam atau tersapu badai.