ABC

Djokovic Kembali Hadapi Nadal di Final Australia Terbuka

Jika Rafael Nadal punya cara sendiri untuk mencapai final putra Australia Terbuka, maka Novak Djokovic juga punya cara sendiri yang sama tegasnya. Ia melaju dengan kemenangan dua set langsung atas Lucas Pouille di Rod Laver Arena.

Poin Utama Djokovic

Poin utama:

• Novak Djokovic hanya kehilangan empat games dalam kemenangan langsung dua setnya atas Lucas Pouille

• Djokovic telah memenangi enam gelar Australia Terbuka dan tak pernah kalah dalam final di Melbourne Park

• Ia mengalahkan Rafael Nadal di final Australia Terbuka 2012, yang berlangsung hampir enam jam

Bermain 24 jam setelah Nadal memukul Stefanos Tsitsipas di semifinal pertama putra, petenis nomor satu dunia, Djokovic, berada dalam performa terbaiknya melawan petenis Perancis, menyelesaikan kemenangan 6-0, 6-2, 6-2 untuk maju ke final Minggu (27/1/2019) malam.

Dominasi Djokovic terlihat dari awal pertandingan yang berlangsung satu jam dan 23 menit, saat ia memenangi tujuh games pembuka sebelum mematahkan servis Pouille tujuh kali dan hanya melakukan lima kesalahan.

Ia akan mengejar rekor juara tunggal putra Australia Terbuka ketujuh dan itu akan menjadi kali kedelapan ia dan petenis nomor dua dunia Nadal, yang ia gambarkan sebagai "saingan terbesarnya", berhadapan satu sama lain di final utama.

Nadal memegang keunggulan 4-3 atas Djokovic, tetapi petenis nomor satu dunia itu telah memenangi dua turnamen besar terakhir dan memimpin petenis Spanyol itu dalam pertemuan 'head-to-head' di pertandingan ATP Tour, 27-25.

Ia juga memenangi pertandingan terakhir mereka di semifinal Wimbledon tahun lalu, menang 10-8 di set kelima, sedangkan pasangan ini memiliki sejarah di Melbourne Park, dengan petenis Serbia itu mengalahkan Nadal dalam lima set epik di final 2012, sebuah perjumpaan yang berlangsung hampir enam jam.

Djokovic, yang tak pernah kalah di final Australia Terbuka dengan rekor sempurna 6-0, mengatakan persaingan dengan Nadal berarti pertandingan Minggu (27/1/2019) malam akan berkesan.

"Pertemuan seperti itu telah membuat saya menjadi pemain seperti saya sekarang ini, tanpa keraguan," katanya.

"Ini adalah jenis pertandingan yang ingin Anda jalani. Final turnamen besar, melawan saingan terbesar dengan performa terbaik mereka."

"Apa lagi yang bisa anda minta, ini adalah sesuatu yang anda impikan."

Lucas Pouille bekerja keras menghadapi Djokovic.
Lucas Pouille bekerja keras menghadapi Djokovic.

AP: Andy Brownbill

Pouille mengatakan ia tak bisa melaksanakan rencana pra-pertandingannya karena Djokovic sangat efektif dalam menentukan strategi permainannya.

"Saya tak punya waktu untuk menempatkan strategi dalam pertandingan," katanya.

"Strateginya adalah menjadi agresif, cobalah menjadi orang yang memimpin poin."

"Tapi ketika ia bermain sejauh itu dari garis batas, 10 sentimeter dari garis batas sepanjang waktu, sulit untuk melakukannya."

Sulit dikalahkan

Pouille, yang duduk di peringkat 10 dunia Maret lali, pantas mendapatkan tempatnya di semifinal, setelah mengalahkan unggulan Borna Coric dan Milos Raonic dalam perjalanannya ke empat besar.

Novak Djokovic membalas pukulan Pouille di laga semi-final.
Novak Djokovic membalas pukulan Pouille di laga semi-final.

AP: Aaron Favila

Tetapi pemenang utama 14 kali, Djokovic, berada di kelas yang berbeda dengan lawan Pouille sebelumnya di turnamen, hanya membutuhkan 23 menit untuk memenangkan set pertama di belakang tiga break servis, sementara hanya kebobolan 12 poin.

Pouille yang menjadi unggulan ke-28, yang tampil di semifinal pertamanya di turnamen besar, akhirnya membalas kekalahan di game kedelapan, aksi yang sangat menyenangkan penonton, tetapi itu tak banyak menghentikan momentum Djokovic.

Ia sempat mendapatkan double break dalam perjalanannya untuk meraih keunggulan dua set demi meraih keunggulan dalam waktu kurang dari satu jam.

Set ketiga mengikuti alur yang sama, dengan Djokovic hanya kehilangan dua games, dan ia menikmati kemenangannya dengan kembali mematahkan servis Pouille.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Ikuti berita-berita lain di situs ABC Indonesia.