ABC

Direktur Pengelola: ABC Jadi Karung Tinju Politik

Direktur Pengelola ABC Michelle Guthrie menolak permintaan untuk memprivatisasi lembaga penyiaran nasional, mengatakan nilainya kepada ekonomi Australia lebih dari $ 1 miliar.

Dalam komentar pertamanya sejak anggota Partai Liberal memilih untuk memprivatisasi ABC, Guthrie mengatakan kepada Melbourne Press Club bahwa "jauh dari menguras kantong publik, penonton, masyarakat dan nilai ekonomi yang berasal dari kegiatan ABC [memiliki] manfaat jelas dan nyata".

Dewan Federal Partai Liberal menyetujui usulan tidak mengikat untuk memprivatisasi organisasi pada akhir pekan lalu.

"Argumen itu tampaknya membawa gagasan yang salah tentang baik privatisasi dan konservatisme. Tetapi, yang lebih penting lagi sepenuhnya mengabaikan nilai publik ABC, baik dalam mata uang langsung, tetapi juga sejauh pengiriman ke publik yang lebih luas," katanya.

Guthrie mengatakan orang Australia tidak menyukai bahwa ABC "digunakan sebagai karung tinju oleh kepentingan politik, komersial dan ideologis sempit".

"Saya pikir publik menganggap ABC sebagai aset tak ternilai, lebih berharga dari sebelumnya dalam sejarahnya," katanya.

Guthrie mengatakan argumen untuk privatisasi didasarkan pada gagasan bahwa tidak ada nilai yang dapat ditebus untuk investasi publik di ABC, dan sektor media komersial akan mendapat manfaat dari apa yang disebut tingkat lapangan bermain.

"Berapa harga yang Anda berikan pada kepercayaan publik dalam sebuah organisasi berita independen yang bebas komersial pada saat fragmentasi dan gangguan," katanya.

"Berapa harga yang Anda keluarkan untuk ABC yang ditujukan untuk melayani bangsa di seluruh bentangannya yang luas dan melalui segudang layanan, dengan kualitas dan kekhasan sebagai ciri khas.

Partai mempertanyakan biaya program

Guthrie mengatakan kepada pers bahwa penelitian yang ditugaskan oleh Deloitte Access Economics, yang akan dirilis bulan depan, menunjukkan ABC memberikan kontribusi $ 1 miliar kepada ekonomi tahun lalu.

"Jumlah sebenarnya yang harus kita keluarkan untuk konten jauh di bawah angka $ 1 miliar itu. Dana per kapita ABC telah terbagi dua secara riil dalam 30 tahun," katanya.

"Tahun keuangan ini, 92 persen anggaran ABC akan dihabiskan untuk membuat konten."

Sutradara ABC News Breakfast bekerja di ruang kontrol berita televisi di ABC Melbourne.
Sutradara ABC News Breakfast bekerja di ruang kontrol berita televisi di ABC Melbourne.

ABC News: Natasha Johnson

Tepat sebelum Guthrie berbicara di Melbourne, anggota Koalisi dan senator lagi-lagi membahas manfaat ABC dalam pertemuan ruang partai mingguan mereka di Canberra.

Beberapa anggota menyuarakan keprihatinan tentang biaya program tertentu, seperti acara panel Q & A, dibandingkan dengan program urusan rumah tangga pedesaan mingguan Landline.

Mereka ingin ABC mempublikasikan berapa banyak biaya setiap produksi dan gaji presenter tertinggi.

Guthrie mengatakan kebijakan ABC tentang pengungkapan gaji tidak akan berubah, menunjukkan itu lebih transparan daripada penyiar komersial dan layanan publik.

Website ABC News.
Website ABC News.

ABC News: Natasha Johnson

Dia juga membela kepengurusannya pada organisasi, menunjuk pada inovasi seperti $ 50 juta Great Ideas Grant dan penciptaan 80 pekerjaan tambahan sebagai bukti kepemimpinannya.

Penyiar veteran ABC Melbourne Jon Faine, yang sebelumnya mengkritik manajemen ABC karena tidak cukup vokal dalam dukungannya terhadap organisasi, menyerukan lebih banyak pidato dari direktur pelaksana.

"Kami tidak mengerti mengapa Anda begitu enggan untuk melakukan lebih banyak dari apa yang baru saja Anda lakukan hari ini," katanya.

"Kami membutuhkan seorang juara umum, bukan direktur pengelola yang bersembunyi dari media atau dari keterlibatan publik."

Pembawa acara ABC News, Michael Rowland bertanya kepada Guthrie mengenai serangan terus menerus dari surat kabar The Australian kepada ABC.

"Seseorang menunjukkan kepada saya [presenter 7.30] Leigh Sales memiliki lebih banyak pengikut Twitter daripada pembaca The Australian, jadi saya pikir kami baik-baik saja," jawabnya.

Dalam pasar media yang semakin terkonsolidasi, Guthrie mengatakan, ABC lebih penting dari sebelumnya untuk menyampaikan konten Australia.

"Tantangan sebenarnya adalah Facebook, Netflix, dan Google di dunia ini yang memiliki lebih banyak kapasitas untuk berinvestasi," katanya.

Dia mengutip drama Mystery Road dan Stargazing Live sebagai dua program berharga yang tidak akan disampaikan oleh lembaga komersial.

Penonton akan 'dihukum' oleh pemotongan

Guthrie mengatakan 30 tahun yang lalu, ABC memiliki lima platform dan 6.000 staf.

Dewasa ini, ABC memiliki 30 platform berbeda, dengan staf hanya 4 ribu orang, dan hanya "setengah dana per kapita riil".

Dia juga menyatakan keprihatinan tentang tuduhan bahwa ABC harus dapat dengan mudah mengakomodasi pembekuan anggaran yang ditetapkan pada anggaran keuangan Federal 2018.

“Ini mengabaikan akumulasi efisiensi yang dipaksakan oleh Canberra selama empat tahun terakhir dan fakta bahwa efisiensi ini merampok ABC dari kemampuannya untuk membiayai konten dan inovasi baru." kata Guthrie.  

“Pengurangan pendanaan ini mencerminkan biaya peluang dan akhirnya, hanya berfungsi untuk menghukum penonton."

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini