ABC

Diplomat Australia Tewas di New York, Amerika Serikat

Seorang diplomat Australia tewas, setelah tak sengaja terjatuh dari balkon apartemennya di kota New York. Insiden ini terjadi saat ia sedang ada acara minum-minum bersama temannya.

Julian Simpson, 30 tahun adalah anggota dari Misi Australia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, meninggal Kamis dini hari (16/11), setelah jatuh dari balkon lantai tujuh ke lantai dua apartemennya. Apartemennya terletak di kawasan Clinton Street, Manhattan, seperti yang diutarakan Kepolisian New York (NYPD) kepada ABC.

Penyidik mengatakan, ia istri, dan beberapa temannya sedang minum-minum, saat Julian duduk di pinggiran balkon dan secara tak sengaja kehilangan keseimbangannya.

Media di Amerika Serikat melaporkan Julian sebelumnya sedang bermain 'game of trust' dengan seorang teman saat dia terjatuh.

Polisi belum mengkonfirmasi secara detil, tetapi mengatakan mereka yang sedang kumpul-kumpul tersebut mengatakan kepada penyidik jika Julian senang melakukan permainan.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull mengatakan kematian Julian adalah berita yang mengejutkan.

"Ini adalah tragedi, turut berduka untuk keluarganya, tapi saya tidak dapat memberikan rincian lebih lanjut saat ini," kata PM Turnbull kepada Channel Seven.

"Ini adalah tragedi yang mengejutkan, kita kehilangan anak muda."

Polisi mengatakan Julian sudah berada di Amerika Serikat selama dua tahun.

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop mengatakan ia sangat sedih atas kematian Julian.

"Saya bertemu dengan dia baru-baru ini, saat menghadiri pertemuan pemimpin Majelis Umum PBB di New York," katanya kepada Sky News.

"Dia adalah seorang pemuda cerdas, sudah bertunangan dan pintar. Ia jelas memiliki masa depan yang cerah di depannya, dan saya sangat sedih dengan kecelakaan tragis ini."

Juru bicara Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) mengatakan akan memberikan bantuan konsuler kepada keluarga Julian.

"Keluarga telah meminta privasi saat ini," kata juru bicara tersebut.

Simak beritanya dalam bahasa Inggrs melalui tautan berikut.