ABC

Dinosaurus Ternyata Lakukan Ritual ‘Tarian’ Sebelum Kawin

Para peneliti menemukan, gerakan kaki serupa dengan yang dilakukan burung moderen diduga terlibat dalam beberapa ritual kawin prasejarah.

Bukti fisik dari jejak besar yang dibuat oleh kaki dinosaurus theropoda telah ditemukan di empat lokasi di Dakota Sandstone, unit batu Kapur tunggal di Colorado, AS.

Jejak kaki ini mirip dengan yang dibuat oleh beberapa burung moderen - termasuk ‘Atlantik puffins’ dan burung unta - selama musim kawin.

Perilaku, yang dikenal sebagai tarian sarang, ini melibatkan para pejantan yang memamerkan kemampuan mereka untuk melayani para betina dengan menggali sarang palsu.

Situs terbesar yang ditemukan oleh tim yang dipimpin oleh ahli paleontologi Martin Lockley dari Universitas Colorado Denver, berukuran sekitar 750 meter persegi dan berisi setidaknya 60 jejak goresan.

Lokasi jejak kaki dinosaurus ini mencakup sejumlah tanda dari ukuran dan kedalaman yang berbeda, yang berarti mereka mungkin digunakan oleh spesies yang berbeda dari theropoda.

"Ini adalah situs pertama dengan bukti ritual kawin dinosaurus yang pernah ditemukan, dan bukti fisik pertama perilaku kencan mereka. Jejak kaki besar ini mengisi kesenjangan yang hilang dari pemahaman kita tentang perilaku dinosaurus," terang Prof. Martin.

Penemuan ini mendukung teori tentang karakter kembang biak dinosaurus, yang, sampai sekarang, hanya bisa dispekulasikan para ilmuwan.

"Ini adalah bukti fisik tentang ‘foreplay’ (pemanasan) pra-sejarah yang sangat mirip dengan yang dilakukan burung saat ini," kata Profesor Martin.

Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports.