ABC

Digigit Hiu di Paha Kirinya, Pria Australia Ini Bawa Dirinya Sendiri ke Rumah Sakit

Seorang peselancar asal negara bagian Victoria mengatakan, ia sungguh beruntung masih bertahan hidup setelah diserang dan digigit oleh- apa yang diyakini sebagai- hiu paus perunggu, di lepas pantai Portland.

Pria berusia 40an tahun ini sedang berselancar sendirian di pantai Tyrendarra yang tak memiliki patroli penjaga pantai, pada Kamis (23/7) malam ketika serangan itu terjadi.

Pria, yang meminta untuk tak disebutkan identitasnya ini, mengatakan, ia sempat melihat anjing laut keluar air sebelum serangan itu terjadi.

"Lalu saya merasakan gigitan dan sedikit percikan di bagian belakang papan selancar ... dan kemudian hiu muncul di sisi kanan saya," ceritanya.

Pria korban gigitan hiu ini menyetir sendiri ke rumah sakit setelah diserang hiu di wilayah Portland, Victoria.
Pria korban gigitan hiu ini menyetir sendiri ke rumah sakit setelah diserang hiu di wilayah Portland, Victoria.

Ia melanjutkan, "Hiu itu menggigit baju selancar di paha kiri saya, dan pada dasarnya dari sana, si hiu terus muncul di setiap sisi. Setiap kali saya melihat kepalanya atau naik di dekat saya, saya coba memukulnya sekeras mungkin."

Pria itu mengatakan, ia berhasil membebaskan diri dari hiu dan mendayung terus ke pantai.

Ia kemudian pergi sendiri ke RSUD Portland sebelum menjalani operasi di Rumah Sakit Warrnambool untuk cedera tendon di tangannya.

Ia mengatakan, hiu itu setidaknya memiliki panjang sekitar 2 meter dan berwarna ‘tembaga’ dan ‘kemungkinan besar merupakan hiu paus perunggu’.

Serangan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian serangan hiu pada bulan ini.

Seorang peselancar professional, Mick Fanning, selamat dari sebuah serangan selama final kompetisi Jeffreys Bay di Afrika Selatan.

Pada hari Sabtu (25/7), nelayan pemburu kerang terbunuh oleh- apa yang diyakini sebagai- hiu putih besar di lepas pantai timur Tasmania.

"Saya tak bisa percaya betapa beruntungnya saya ... Saya bersimpati kepada keluarga di Tasmania, yang bisa saja keluarga saya," ungkapnya.

Pengawas pelatihan dari lembaga ‘Surf Life Saving Portland’, Katrina Anthony, mengatakan, hiu seringkali muncul di daerah itu.

"Sepanjang perairan dari Narrawong hingga ke Cape Bridgewater ... kami juga memiliki koloni anjing laut yang terletak di Cape Bridgewater, jadi kami tahu kami memiliki hiu di perairan kami," sebutnya.

Ia menerangkan, "Kami tak akan memberitahu siapa pun untuk menghindari air, tapi kami hanya mengatakan berhati-hatilah dalam berenang atau berselancar dengan orang lain dan pastikan Anda memberitahu orang lain ke mana Anda pergi jika Anda hendak berenang atau berselancar di daerah tak berpatroli ini."

Awal tahun ini, peningkatan aktivitas hiu di daerah yang dikelola operator ekowisata Portland ini membuat dibangunnya kandang di wilayah renang anjing laut.