ABC

Dicari: Sukarelawan Penghitung Penguin

Ingin membantu melestarikan penguin, tapi tak mau kedinginan di kutub selatan? Sekarang anda bisa membantu dengan cara menghitung jumlah pinguin, hanya dengan menggunakan komputer dan koneksi internet.

Lembaga Australian Antarctic Division (AAD),yang merupakan bagian dari departemen lingkungan hidup Australia, meminta bantuan masyarakat meneliti ribuan foto penguin, demi memahami perilaku berkembang biak penguin dan dampak hewan pemangsa. 

Selain itu, penelitian ini bisa melihat bagaimana perubahan lingkungan dan aktivitas manusia mempengaruhi jumlah penguin.

Diharapkan, penelitian tersebut juga bisa menangkap tanda-tanda awal yang menunjukkan adanya masalah.

Staf lembaga yang bermarkas di Hobart, Tasmania, ini telah memfoto penguin-penguin di habitat mereka, dan ribuan foto itu sudah dipindai oleh peneliti di Oxford University, Inggris Raya.

Masyarakat yang berminat membantu upaya mempelajari penguin ini diminta untuk menunjuk penguin mana saja yang ada di foto-foto itu yang termasuk penguin dewasa, yang mana yang masih kecil, dan juga menunjuk telur penguin. 

"Ada lebih dari 40 kamera di Antartika Timur, tersebar di tiga kawasan luas...," jelas Colin Southwell dari AAD.

Southwell menjelaskan lebih lanjut bahwa ajakan menghitung penguin ini diharapkan bisa ditanggapi oleh mereka yang bukan ilmuwan namun tertarik dengan pelestarian penguin.

Jenni Klaus adalah salah seorang sukarelawan penghitung penguin.

"Saya melihat ini di Twitter. Saya tertarik pada ilmu pengetahuan, tapi tidak punya gelar ilmu pasti," ceritanya,

"Ada anak-anak penguin lucu di sebagian foto-foto ini, dan saya tak bosan-bosannya melihat penguin."

Para peneliti berharap nantinya metode penghitungan sukarela ini juga bisa diterapkan untuk burung-burung laut lainnya di Antartika dan kutub utara.