ABC

Dibuka Konseling Bagi Orangtua Remaja Muslim Bermasalah di Australia

Bantuan konseling bagi orangtua yang memiliki remaja bermasalah diluncurkan di kalangan keluarga Muslim di Australia, Senin (20/2/2017). Bersamaan dengan itu diluncurkan pula website untuk membantu mereka yang "kesulitan dengan kehidupan modern".

Layanan gratis itu akan dijalankan para konselor Muslim yang terlatih. Tujuannya, untuk mengatasi masalah-masalah seperti bullying, narkoba dan penyalahgunaan alkohol, bahkan radikalisasi.

Pendiri Helpline ini, Kuranda Seyit, mengatakan pihaknya menawarkan layanan lebih fokus dibandingkan layanan yang sudah ada sebelumnya. "Layanan ini unik," katanya.

"Kita mengalami banyak masalah sekarang terkait remaja kita. Gampang untuk menyalahkan orangtua padahal mereka membutuhkan dukungan. Mereka membutuhkan perangkat dan dukungan dalam menangani anak-anak mereka dengan cara pragmatis dan rasional," jelas Seyit kepada ABC.

Sebuah website bernama IslamiCare juga telah diluncurkan untuk membantu keluarga Muslim Australia yang mengalami "kesulitan dengan kehidupan modern".

"Dalam masyarakat dimana remaja Muslim dikepung pandangan negatif mengenai agama mereka serta menghadapi masalah yang mungkin belum mereka mengerti, IslamiCare ingin menggunakan dasar-dasar Islam sebagai cara dalam menemukan solusi," demikian disebutkan dalam website itu.

"Rendahnya pemahaman mengenai isu-isu budaya mereka oleh penyedia layanan (konseling) umum juga jadi tantangan dan hal inilah yang akan kami isi," tambahnya.

Seyit mengatakan semua konselor yang menjawab telepon telah berpengalaman menangani remaja dan keluarga serta akan mendapatkan pelatihan intensif untuk itu.

Dia mengatakan berbagai isu bisa menjadi maslaah bagi remaja Muslim, termasuk identitas. Upaya mengidentifikasi kemungkinan radikalisasi hanya salah satu bagian dari program ini.

"Salah satu modul pelatihan adalah mengidentifikasi isu-isu sekitar radikalisasi dan ekstremisme, perubahan perilaku, religiusitas - hal seperti itu," katanya.

"Jadi, jika ada telepon seperti itu, kami bukan saja akan memberi pelatihan tapi juga rujukan dan intervensi jika diperlukan," katanya seraya menambahkan, "Ini jadi salah satu aspek dari website dan Helpline."

Kesenjangan generasi

Diperkirakan sepertiga dari orang Islam di Australia terlahir di Australia. Namun Seyit mengatakan Helpline bisa membantu khususnya bagi keluarga migran yang baru saja tiba.

"Masih banyak anggota keluarga migran dengan latar belakang migran masih kesulitan berasimilasi di Australia," katanya.

"Saya kita kesenjangan generasi masih terjadi di antara anak remaja mereka. Saya yakin bahwa orangtua merupakan kunci banyaknya masalah yang dihadapi para remaja," katanya.

"Jadi kita perlu membantu orangtua melalui Helpline ini sebab kadang mereka tidak tahu bagaimana bicara dengan anak mereka atau isu apa yang mereka hadapi," katanya.

"Adanya yang mendengarkan hal ini bisa menimbulkan perbedaan besar dalam hidup mereka," tambahnya.

Diterbitkan Pukul 11:00 AEST 20 Februari 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris.