ABC

Di Tasmania, Surat Suara Pemilu Rusak Gara-gara Mesin Pembuka Surat

Gara-gara kesalahan teknis, sebanyak 163 surat suara di negara bagian Tasmania, Australia, rusak berat dan terpaksa dikesampingkan.

Komisi pemilihan umum negara bagian tersebut mengumumkan bahwa surat-surat suara yang rusak tersebut adalah yang dikirim lewat pos. Kerusakan diakibatkan oleh mesin pembuka surat.

Jumlah surat suara yang rusak saat proses persiapan penghitungan suara melebihi 2.300 surat, sedangkan yang rusak amat parah jumlahnya 163. 

Kejadian tersebut diakibatkan kesalahan penggunaan mesin dan pengendalian kualitas yang kurang baik.

Menurut Komisioner Pemilihan Negara Bagian, Julian Type, kejadian ini tak akan mempengaruhi hasil pemilu.

"Sebagai komisioner pemilihan umum, saya bertanggung jawab penuh atas kegagalan prosedural besar ini, dan saya minta maaf sebesar-besarnya pada para kandidat dan pemilih [wilayah pemilihan] Denison," ucapnya,

"Satu-satunya ketidakpastian di Denison adalah yamg mana di antara empat kandidat Partai Buruh, selain Scott Bacon, yang akan memenangkan kursi kedua bagi Partai Buruh."

Susunan kandidat wilayah pemilihan Denison diperkirakan tak akan berubah, kecuali ada sedikit perubahan terhadap pemilihan Partai Buruh dan Partai Hijau, dibandingkan wilayah-wilayah lain di Tasmania.

Partai Liberal dan Partai Buruh - dua partai terbesar di wilayah pemilihan - diperkirakan akan mempertahankan masing-masing dua kursi. Anggota parlemen dari Partai Hijau, Cassy O' Connor, juga mempertahankan kursinya.