ABC

Dewan Kota Ubah Mural Bernada Menghina Senator Hanson

Sebuah mural raksasa yang menggambarkan seekor anjing bulldog sedang mengencingi Senator Pauline Hanson telah diubah oleh dewan kota di pinggiran barat Melbourne. Perubahan ini dilakukan hanya selang satu hari setelah mural tersebut selesai dibuat.

Dewan Kota Maribyrnong menghapus wajah Senator Hanson di mural tersebut Senin (22/05/2017) pagi, dan hanya meninggalkan gambar anjing bulldog, yang mengenakan seragam kaos tim sepak bola Bulldog.

Seniman Van T Rudd melukis mural itu di dinding sebuah toko di Donald Road, Footscray, Melbourne, Victoria, dengan seijin pemilik toko. Tapi Kepala Eksekutif Dewan Kota Maribyrnong, Stephen Wall, mengatakan, pihaknya menerima sejumlah keluhan terkait mural tersebut.

“Kami yakin mural ini tak sopan karena penggambaran anjing yang mengencingi wajah seorang tokoh politik, bukan hanya karena mural itu menunjukan rasa tidak hormat terhadap Pauline Hanson secara umum,” tegas Stephen Wall.

mural di Footscray yang menggambarkan anjing bulldog mengencingi wajah politisi Pauline Hanson
Gambar asli mural yang menunjukan seekor anjing bulldog mengencingi wajah senator Hanson.

Facebook: Van T Rudd


Rudd melukis mural tersebut sebagai sebuah pernyataan melawan politik sayap kanan dan mengatakan bahwa dia tidak terkejut dengan keputusan dewan yang mengubah mural karyanya, namun Ia kecewa karena hal itu terjadi begitu cepat.
"Saya melintas sebentar dan berpikir untuk melihat apakah mural itu masih ada di sana dan saya tidak percaya mural karya saya itu sudah hilang," katanya.

Sementara itu, Senator Hanson mengatakan pada hari Minggu (21/05/2017) bahwa dia tidak tersinggung oleh mural tersebut, karena dia telah mengalami penghinaan yang lebih buruk dan kehidupan politik membutuhkan mental baja.
Namun, Stephen Wall mengatakan, mural tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Pencegahan Graffiti 2007, yang memberi kewenangan bagi dewan kota untuk menegakan aturan tersebut.

Tidak bisa sepenuhnya dimusnahkan

Van T Rudd mengatakan, mural tersebut telah menarik banyak perhatian di media sosial, dan mendapat sejumlah tanggapan baik dari pihak yang mendukung maupun dari pendukung Partai One Nation yang mengancam akan mengadukan mural itu ke dewan kota.
Dia mengatakan, meskipun gambar Senator Hanson di mural itu sudah dihapus, gambaran penuhnya tidak akan pernah bisa dimusnahkan.
"Ada banyak pendukung [saya] yang mengatakan bahwa gambar mural itu sudah cukup terkenang dalam ingatan orang-orang dan juga tersimpan secara fisik di media sosial mereka," katanya.
"Jadi mural itu benar-benar tidak bisa dihapus."
Stephen Wall mengatakan, keputusan dewan untuk mengambil tindakan atas mural tersebut seharusnya tidak dipandang sebagai pernyataan politik dan keputusan itu didasarkan atas rekomendasi dari para petugasnya.
Adapun keputusan untuk membiarkan gambar bulldog -dengan kaki terangkat dan wajah bingung -tetap terpampang, disebut Stephen Wall bahwa hal itu menunjukkan: "Footscray adalah rumah bagi tim Bulldogs."
Dia mengatakan bahwa Dewan Kota Maribyrnong mendukung seni jalanan melalui program StreetWORKS! mereka, yang melibatkan kemitraan dengan pemilik properti, bisnis dan gedung-gedung milik pemerintah untuk menempatkan karya seni yang terpilih.
Tim sepak bola Western Bulldog telah dihubungi untuk memberikan komentar.
Diterjemahkan pada pukul 15:00 WIB, 22/5/2017 oleh Iffah Nur Arifah. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.