ABC

Denda Ratusan Juta bagi Petani yang Menolak Tanaman Pisangnya Dimusnahkan

Seorang petani dipolisikan karena berusaha menyembunyikan tanaman pisang yang seharusnya dimusnahkan sebagai bagian dari pengawasan penyakit pisang bintik yang tengah melanda industri primer Northern Territory tersebut.

Menteri Pertanian Northern Territoy, Willem Westra van Holthe mengatakan petani yang menyembunyikan tanaman pisangnya dikenai sanksi denda senilai $74,500 atau setara rp750 juta.
 
Tamanan pisang diseluruh Bagian Utara Australia harus dimusnahkan pada akhir April mendatang sebagai bagian dari program pemusnahan penyakit pisang bintik.
 
Westra van Holthe mengatakan program ini merupakan kebijakan pertanian terluas dalam menangani penyakit tanaman dalam sejarah Australia.
 
"Ada 37 ribu perkebunan di seluruh Northern Territory yang menjadi sasaran dari kebijakan pemusnahan tanaman pisang ini," kata Van Holthe.
 
Menurutnya ketika sebagian pemilik tanamana menaati kebijakan ini, ada juga yang tidak.
 
"Mereka yang tidak mau bekerjasama demi kebaikan beberapa pohon pisang dikebun mereka akan dapat menjadi pemicu atau berpotensi memicu kerusakan luas terhadap masa depan industri pisang kita di Northern Territory," katanya.
 
Bukan hanya petani pisang di Northern Territory yang tengah kesulitan lantaran penyakit ini.
 
Sebuah strain penyakit Panama - yang pernah menghancurkan industri pisang di northern Territory pada tahun 1990-an - juga telah ditemukan di sebuah peternakan di utara jauh Queensland.
 
Koordinator Program Pemberantasan Pisang bintik Kevin Cooper mengatakan pihak berwenang di territory telah bekerja sama dengan industri pisang Queensland.
 
"Sudah pasti tim saya ikut berbagi dengan produsen di Queensland saat ini," katanya.
 
Northern Territory  pernah menjalankan percobaan terhadap tanaman pisang tahan hama panama, tapi program itu sudah ditinggalkan karena ada program pemberantasan hama pisang bintik.
 
"Selain melakukan program uji coba tanaman pisah tahan hama, kita juga melakukan pekerjaan lain di tanah dan pengelolaan penyakit di lingkungan lahan pertanian," kata Westra Van Holthe.
 
Pihak berwenang mengatakan sulit untuk mengukur seberapa besar tekanan yang dihadapi industri pisang di Northern Territory ini akan berdampak pada harga pisang di supermarket.