ABC

Dave Sharma Calon Partai Liberal Australia di Bekas Kursi Malcolm Turnbull

Meski Perdana Menteri Scott Morrison sudah melakukan lobi agar adanya calon perempuan, mantan duta besar Australia untuk Israel Dave Sharma terpilih untuk menjadi wakil Partai Liberal bagi pemilihan kursi parlemen di daerah pemilihan Wentwoth di Sydney.

Kursi tersebut kosong setelah Malcolm Turnbull berhenti sebagai Perdana Menteri Australia bulan lalu dan kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri sebagiai anggota parlemen, sehingga akan ada pemilihan sela 20 Oktober.

Sebelumnya, PM Morrison sudah mendesak agar perempuan yang terpilih sebagai calon, dan terpilihnya mantan duta besar Dave Sharma ini tampaknya akan semakin meruncingkan perpecahan di dalam Partai Liberal.

PM Morrison mengirimkan cuitan memberi ucapan selama kepada Sharma dengan mengatakan 'tokoh yang berkualitas dengan pengalaman yang luas' namun tetap menegaskan dia ingin agar lebih banyak perempuan mewakili Partai Liberal di parlemen.

"Calon terbaik menang." katanya.

"Tentu saja saya ingin lebih banyak perempuan dari Partai Liberal di parlemen. Tetapi saya selalu ingin melihat calon terbaik yang terpilih."

Sharma yang mendapat dukungan dari Malcolm Turnbull dan bekas perdana menteri lainnya John Howard terpilih setelah pemungutan suara yang berlangsung selama enam jam.

Menurut laporan yang diterima ABC, Sharma mendapat 119 suara dalam pemungutan suara tahap akhir ketika dia bersaing dengan Richard Shields, dari 201 suara yang masuk.

Sebelumnya salah satu calon perempuan adalah mantan wakil walikota kota praja Woollahra Katherine O'Regan, yang diharapkan akan menang.

Menurut laporan, banyak yang hadir menunjukkan rasa terkejut ketika O'Regan tidak mendapat suara cukup dalam pemungutan suara awal.

Dave Sharma sekarang menghadapi tantangan untuk bisa mempertahankan kursi Partai Liberal untuk daerah pemilihan Wentworth, dengan hasil jajak pendapat menunjukkan kursi tersebut tidaklah aman bagi partai tersebut meski di pemilu lalu unggul 17,7 persen dari partai lain.

Mundurnya Malcolm Turnbull yang sebelumnya merupakan wakil yang populer dari pemilihan tersebut menambah komplikasi bagi partai pemerintah untuk bisa mempertahankan kursinya.

Baliho bagi calon partai Buruh Tim Murray dan calon partai Hijau Dominic Kanak sudah tampak di mana-mana di daerah pemiilihan yang mencakup salah satu wilayah paling kaya di New South Wales tersebut.

Wentworth adalah satu dari dua kursi di parlemen Federal yang belum pernah dimenangkan oleh Paetai Buruh.

Analis pemilu ABC Antony Green memperkirakan bahwa mundurnya Turnbull akan secara otomatis mengurangi dukungan lima persen bagi calon dari Partai Liberal.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini