ABC

Daur Ulang Limbah Kaca Untuk Material Jalan di Canberra

Botol anggur dan bir yang dibuang oleh warga Canberra kemungkinan akan membantu pembangunan jalan dan perumahan di ibukota Australia tersebut.

Peningkatan fasilitas daur ulang senilai $AUS 8 juta (Rp 85 miliar) di daerah Hume, Canberra, memungkinkan botol diubah menjadi "pasir kaca" yang bisa digunakan dalam konstruksi.

Perusahaan manajemen daur ulang Re.Group, yang mengelola pabrik tersebut, mengatakan dua perusahaan konstruksi telah menyetujui pasir kaca percobaan yang dihasilkan di Canberra.

daur ulang botol kaca
Pasir kaca berkualitas bagus dari hasil daur ulang botol kaca digunakan untuk material membangun jalan-jalan di Canberra.

ABC News: Siobhan Heanue

Namun pimpinan Re.Group Robert Hill mengingatkan pasar untuk gelas atau kaca daur ulang belum sepenuhnya dikembangkan.

"Ini membutuhkan kerja keras karena Anda harus meyakinkan calon pembeli bahwa pasir kaca hasil daur ulang itu memiliki kualitas yang bagus, sehingga produk tersebut sesuai dengan tujuan," kata Hill.

Program ABC Four Corners baru-baru ini mengungkapkan bagaimana perusahaan daur ulang menimbun ratusan ribu ton gelas, atau bahkan mengirimnya ke tempat pembuangan sampah, karena tidak ada pasar yang layak untuk produk ini. Namun Hill mengatakan beberapa dewan kota sudah menggunakan pasir kaca dalam pembuatan konstruksi jalan.

Kamera cerdas bantu pilah sampah

Pabrik daur ulang di Canberra yang sudah diubah ini juga menggunakan teknologi yang awalnya diterapkan untuk memberi nilai kualitas buah untuk dipilah ke berbagai jenis plastik.

Beberapa polimer plastik lebih berharga daripada yang lain, sehingga menyortirnya secara akurat memungkinkan perusahaan daur ulang untuk mencari harga yang lebih tinggi.

Semakin banyak perusahaan daur ulang dapat mengenakan biaya untuk produknya, semakin sedikit yang dibutuhkan untuk mengenakan biaya ACT untuk layanan daur ulangnya.

pusat daur ulang sampah
Mesin trommel memilah berbagai macam plastik di pusat daur ulang di Kota Hume, Canberra.

ABC News: Siobhan Heanue

Plastik dilemparkan melalui mesin mirip saringan raksasa yang disebut trommel, lalu menuangkan isinya ke sabuk pengaman di mana setiap barang akan dipindai dengan cepat.

Foto-foto itu kemudian diperiksa silang dengan database dari 80.000 gambar sebelum sebuah jet udara meledakan setiap item ke dalam kategori di tempatnya.

Sistem baru ini juga memiliki tingkat kecerdasan buatan, menurut direktur umum ACT City Services, Emmas Thomas.

"Sistem ini akan belajar dari apa yang terpisah setiap saat dan saat mempelajarinya akan terus meningkatkan kualitas," katanya.

Perlu disingkirkan

daur ulang kaleng minuman
Pusat daur ulang Hume di Canberra saat ini memproses 250 ton limbah setiap harinya.

ABC News: Siobhan Heanue

Pabrik baru ini menggandakan kapasitas kota Canberra dalam mengolah limbah daur ulang, untuk mengatasi peningkatan jumlah sampah yang diproyeksikan oleh Canberra saat kota ini tumbuh.

Saat ini, fasilitas tersebut menghasilkan 60 truk melalui gerbangnya dan memproses 250 ton sampah setiap hari.

Setengah dari itu adalah kertas dan karton, yang semuanya dijual ke perusahaan kardus Visy untuk digunakan kembali.

Sekitar sepertiga dari sampah yang dikirimkan setiap hari ke fasilitas ini adalah gelas/kaca.

Lebih dari 100 orang warga Canberra mengunjungi fasilitas ini untuk melakukan kunjungan yang dipandu pada hari Sabtu, dan ini menunjukkan ketertarikan warga Canberra pada tempat akhir dari sampah-sampah yang mereka hasilkan.

"Saya peduli sekali mengenai isu keberlanjutan dan ingin belajar tentang apa yang terjadi dengan daur ulang yang saya lakukan dan bagaimana saya dapat mendaur ulang dengan lebih baik," kata warga Canberra, Ingrid Hatfield sebelum dia melakukan tur keliling pabrik limbah.

Tantangan yang terus berlanjut untuk pabrik daur ulang adalah menangani limbah yang tidak dapat digunakan – limbah seperti popok dan sampah lainnya masih menyumbang sekitar 10 persen dari sampah yang dimasukkan ke tempat sampah daur ulang.

Diterbitkan Senin 21 Agustus 2017. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini.