ABC

Data Medicare Semacam BPJS Petinggi Polisi Australia Beredar Di Pasar Gelap Online

Data Medicare, semacam BPJS, yang berisi data tiga mantan kepala polisi Federal Australia (AFP) diiklankan untuk dijual di pasar gelap online.

Temuan yang diperoleh ABC ini menimbulkan kekhawatiran mengenai amannya sistem yang digunakan medicare untuk melindungi data-data yang dimiliki kebanyakan warga Australia.

Kartu Medicare yang berisi nama, alamat dan informasi lain di Australia selain digunakan untuk berkunjung ke dokter dan rumah sakit, juga bisa digunakan sebagai identitas diri.

Program televisi ABC 7.30 mengungkapkan rincian data milik tiga mantan kepala polisi federal Australia Andrew Colvin, Mike Keelty dan Tony Negus di internet dan kemungkinan data tersebut bisa dijual untuk disalahgunakan.

Data mengenai Andrew Colvin sudah beredar di internet bahkan saat ini masih menjadi sebagai kepala polisi.

catatan harian agen AFP
Catatan harian seorang agen AFP menekankan penjualan data anggota Medicare dari ketiga petinggi kepolisian federal Australia.

ABC News

Rincian data Medicare sangat berharga bagi kelompok kejahatan terorganisir.

Data itu bisa digunakan untuk penipuan identifikasi dalam membeli barang atau properti, atau mendapatkan pembayaran klaim palsu dari Medicare.

Juga ada kekhawatiran dana ini bisa digunakan oleh pihak tertentu untuk menyamar sebagai pejabat publik dan mendapatkan akses ke bentuk identifikasi atau informasi pribadi lainnya.

Dalam reaksinya, AFP mengatakan: mereka sudah mengetahui bahwa data tersebut dijual di situs pasar gelap online.

"Kami tidak tahu apakah data-data itu memang benar-benar telah terjual." kata seorang juru bicara AFP.

Situs pasar gelap online, yang sering terlihat seperti halaman lelang online, biasanya memberikan detail identifikasi dalam istilah yang lebih umum, misalnya menawarkan template SIM palsu.

Diterbitkan ulang dari artikel berbahasa Inggris di situs ABC Australia di sini.