ABC

Dampak Penerapan Sistem Transfer Dana Seketika

Mulai 26 Januari 2018 di Australia bila anda mengirim uang dari rekening anda ke rekening lain, maka dana itu akan muncul seketika. Ini merupakan kemajuan karena sekarang ini diperlukan waktu sampai tiga hari bagi pemindahan dana tersebut.

Bagaimana cara kerja sistem baru tersebut dan apakah ada resikonya?

Mengapa butuh waktu lama untuk transfer antar bank?

Saat ini saat melakukan pembayaran daring (online) ke akun yang tidak satu bank dengan bank Anda sendiri, diperlukan waktu sekitar tiga hari sebelum dana itu sampai ke rekening tersebut.

Itu dikarenakan bank hanya mentransfer uang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dan hanya pada jam kerja saja.

Tapi sistem baru ini akan memungkinkan pelanggan dari lembaga keuangan terhubung ke platform untuk melakukan atau menerima pembayaran satu sama lain dalam waktu kurang dari satu menit, 24 jam sehari, 365 hari setahun.

Jadi bagaimana cara kerjanya?

Pembayaran online
Platform baru transfer dana ini merupakan inisiatif dari 13 bank di Australia untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan transaksi transfer dana.

Saat ini Anda dapat mentransfer uang antara dua nomor rekening pada bank yang sama dan melihat saldo anda akan terbaharui hampir secara seketika.

Di bawah sistem baru, proses yang sama akan terjadi bahkan jika Anda mentransfer uang antar dua rekening bank pada dua lembaga keuangan yang berbeda.

(Namun, akan ada pengecualian untuk sejumlah kecil pembayaran yang dilakukan karena alasan seperti penyelidikan penipuan.)

Hal itu dikarenakan platform pembayaran baru (NPP) ini  bertindak seperti jaringan aman antara lembaga keuangan yang berpartisipasi dalam sistem ini, yang memungkinkan pesan dikirim secara ‘real time’ yang memungkinkan dana ditransfer antar rekening dengan segera.

Teknologi NPP juga akan mendukung layanan "overlay", yang memungkinkan bank menciptakan layanan pembayaran mereka sendiri untuk menarik perhatian pelanggan.

Mengapa berubah?

Bank sentral Australia telah lama mendesak agar penundaan dalam proses transfer dana antar lembaga keuangan agar diperbaiki.

Pelanggan sendiri juga semakin mendesak opsi pembayaran yang lebih cepat, yang memaksa bank untuk mengadopsi sistem baru ini atau berisiko kehilangan pelanggan dari pesaing lainnya.

Jadi, bagi bank ini soal pelestarian institusi mereka sendiri.

"Pandangan saya adalah cara terbaik untuk bersaing adalah dengan memastikan bahwa pelanggan Anda memiliki semua yang mereka butuhkan sehingga mereka tidak mencari penyedia layanan lain, " kata nasabah ANZ, Philip Chronican kepada ABC saat platform ini diumumkan pertama kali tahun 2014 .

Bank mana yang berpartisipasi?

Empat bank besar di Ausralia merupakan peserta program platfom pembayaran baru (NPP) ini serta bank sentral Australia dan 8 lembaga keuangan Australia lainnya, termasuk HSBC, ING Direct, Macquarie dan Citigroup.

Sejumlah besar institusi keuangan tambahan akan juga dihubungkan pada infrastruktur melalui salah satu partisipan awal dalam platform pembayaran baru (NPP),” kata NPP dalam situsnya.

Masyarakat non tunai
Masyarakat yang berpenghasilan kecil dan mengandalkan uang tunai atau bisnis kecil akan terdampak tren transaksi keuangan yang benar-benar non tunai di Australia.

Berapa banyak rekening bank di Australia yang akan mendaftar?

Platform Pembayaran Baru (NPP) ini mengatakan bahwa mereka memperkirakan sekitar empat dari lima rekening warga Australia akan terhubung ke platform ini saat diluncurkan nanti pada akhir Januari tahun depan.

Jadi, apakah semua orang bisa menggunakannya  sistem ini?

Peluncuran platform pembayaran baru (NPP) ini ke masyarakat luas dan komunitas bisnis diperkirakan akan berlangsung selama sekitar dua minggu untuk "memastikan peluncuran yang stabil".

Apakah ini berisiko?

Sebagian besar ahli sepakat bahwa penjahat akan menganggapnya sebagai "peluang", dengan diluncurkannya sistem serupa di Inggris pada tahun 2008 sehingga terjadi peningkatan kasus penipuan sebesar 132 persen, menurut perusahaan jasa profesional KPMG.

NPP sendiri telah mengakui bahwa perlindungan terhadap kasus penipuan perlu diperluas agar pelanggan dapat melakukan pembayaran real-time. Perlu dicatat bahwa bank pada saat ini telah melakukan langkah ini bagi pelanggan yang menggunakan kartu kredit untuk membeli barang.

Ini hanya akan berkembang lebih jauh seiring dengan kemajuan teknologi, kata Lovney.

"Kami kemungkinan besar akan melihat penggunaan lebih banyak sidik jari biometrik dan sidik jari perangkat, sebagai langkah verifikasi pembayaran yang disempurnakan, terutama untuk pembayaran pertama kali, serta penggunaan Inteligensi Buatan untuk memantau dan mendeteksi perubahan perilaku pembayaran yang tidak biasa," katanya.

Marcus Chang di depan papan transaksi non tunai di depan Spice Alley
Restoran Spice Alley di pusat kawasan bisnis di Sydney bergabung dengan tren dikalangan pengusaha yang beralih menjadi badan usaha yang benar-benar tidak menerima uang tunai.

ABC News: Michael Edwards

Tapi tidak jelas apakah perlindungan ini akan diberlakukan segera setelah sistem diluncurkan, dimana NPP menyatakan bahwa hal ini akan terserah kepada bank dan warga Australia untuk memantau aktivitas yang berbau penipuan dan mencurigakan.

"Faktanya, dalam sebagian besar kasus, bank tidak mengubah metode otentikasi sama sekali sebagai tanggapan terhadap pengenalan NPP," tulis KPMG baru bulan lalu.

Dan bagaimana dengan transfer antar rekening di bank yang sama? 

Sistem pembayaran baru senilai $ 1 miliar ini  juga akan menawarkan kepada konsumen cara yang lebih sederhana untuk membayar melalui "layanan pengalamatan yang disebut PayID".

Ini memungkinkan pelanggan untuk menggunakan tanda pengenal unik, sesuatu yang dapat mereka ingat dengan mudah - seperti nomor ponsel, alamat email atau ABN - untuk terhubung secara aman ke rekening bank mereka. 

Dengan cara begitu, bila Anda ingin seseorang mentransfer dana ke rekening Anda, Anda bisa memberi mereka PayID Anda ketimbang nomor antar cabang (BSB) maupun nomor rekening Anda.

"Tempat pertama dimana konsumen dapat menggunakan fitur PayID adalah melalui layanan pertama yang ditawarkan melalui platform, yang disebut Osko, oleh BPAY," kata Lovney.

Bagaimana jika saya tidak mau PayID?

Anda tidak perlu mendaftar ke PayID jika Anda tidak menginginkannya.

Pelanggan masih dapat melakukan pembayaran pada platform baru menggunakan BSB dan nomor rekening.