ABC

Dami Im Bintang Populer Australia Kelahiran Korea

Penyanyi kelahiran Korea Selatan, Dami Im, memukau penonton Australia ketika ia memenangi acara X-Factor tahun 2013. Dia juga tampil mengejutkan ketika merebut tempat kedua di Eurovision tahun ini. Merayakan Bulan Musik di Australia bulan ini, #ausmusicmonth dan Australia Plus berbicara dengan Dami Im mengenai pengalaman musiknya selama ini.

Apa cita-citamu waktu kecil?

Saya dulu ingin menjadi seorang pianis konser. Ketika saya masih 13 tahun, mimpi saya adalah untuk menjadi bintang pop. Saya dulu merekam suara saya sambil bernyanyi di kamar tidur.

Dami Im
Dami Im.

Supplied: Sony Music

Kenangan apa saja yang teringat saat pertama datang ke Australia di usia 9 tahun?

Ketika orang tua saya pertama kali membawa saya dan adik saya ke Brisbane, itu menyenangkan dan menarik. Kami punya kolam renang di rumah dan mereka membawa kami ke kebun binatang untuk memberi makan kanguru, jadi waktu itu saya pikir kami sedang liburan.

Keadaan menjadi lebih serius pada hari pertama sekolah ketika saya menyadari bahwa saya tak bisa berkomunikasi dengan siapapun. Butuh waktu sekitar enam bulan untuk bisa mengekspresikan diri dan memahami apa yang mereka katakan.

Kapan penampilan pertama di Australia yang dibayar? Lagu apa yang dinyanyikan saat itu?

Manggung pertama saya yang dibayar adalah di sebuah restoran China kecil tapi mewah di Brisbane. Saya bernyanyi lagu jazz standar serta klasik pop dari The Carpenters, The Beatles dan Elton John.

Dami Im
Dami Im.

Supplied: Sony Music

Anda pernah bolak-balik Korea Selatan-Australia –tampil di dua negara itu. Mengapa memutuskan menetap dan mengejar karir di Australia?

Ketika saya menyelesaikan pendidikan pasca sarjana jurusan Vokal Kontemporer di Konservatorium Queensland, saya punya beberapa lagu yang saya tulis dan rekam. Kebanyakan adalah lagu Kristiani dan separuhnya dalam bahasa Korea. Pikiran saya adalah lebih mudah mempromosikan dan menyanyikan lagu-lagu Korea di Korea, jadi saya terbang bolak-balik bernyanyi di gereja dan kamp-kamp kapanpun saya bisa.

Saya menikah di sini, di Australia, dan perjalanan bolak-balik seperti itu menjadi terlalu berat.

Memenangkan X-Factor di tahun 2013 membuat anda tenar di Australia. Apa yang anda pelajari tentang diri sendiri?

Pada awalnya rasanya aneh menjadi orang terkenal. Saya harus belajar untuk menjaga keseimbangan antara menjadi 'terkenal' dan masih memiliki privasi. Butuh waktu dan banyak penyesuaian.

Dami Im
Dami Im tampil di Kontes Menyanyi Eurovision 2016 di Stockholm, Swedia.

EBU: Andres Putting

Anda bernyanyi di Beijing untuk suatu acara TV dan menyanyikan lagu ‘365 Mile Road’. Bagaimana rasanya bernyanyi dalam bahasa Mandarin di depan banyak penonton?

Menyanyikan lagu dalam bahasa asing selalu sebuah tantangan besar. Saya harus meminta bantuan dari teman yang bisa berbahasa China untuk mengecek pengucapan dan kemudian menghafalnya. Mengetahui bahwa pemirsanya banyak menambah lebih banyak tekanan, tapi itu adalah pengalaman yang luar biasa dan sebuah tantangan baru yang memberi saya begitu banyak kenangan tak terlupakan.

Bagaimana rasanya tampil untuk Australia di Eurovision? Bagaimana anda mengatasi rasa gugup?

Merupakan kehormatan besar untuk bisa mewakili Australia lewat musik. Saya tahu warga Australia menonton, jadi saya ingin menampilkan kemampuan terbaik saya. Saya harus memastikan bahwa saya tahu setiap bagian dari penampilan secara menyeluruh dan saya tahu saya harus bermental baja, tanpa rasa gugup. Saya tak pernah bekerja keras seperti itu."

Misalkan anda mengadakan acara barbekyu, siapa 3 orang Australia (baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal) yang anda undang? Apa menunya? Dan dimana acaranya?

Nicole Kidman, Steve Irwin dan Cathy Freeman [atlet Olimpiade asal Australia] di halaman belakang saya, dengan kolam renang, memasak barbekyu Korea. Itu pasti menarik.

Apa saran anda untuk diri anda yang berusia 15 tahun?

Jangan lewatkan setiap kesempatan yang datang, bahkan jika itu di luar zona nyaman

ABC merayakan musik Australia selama bulan November 2016. Untuk tahu lebih banyak soal #ausmusicmonth, buka tautan berikut: http://www.abc.net.au/ourfocus/