ABC

Dahulu Pantai-Pantai di Sydney Ternyata Bagaikan ‘Septik Tank’

Pantai-pantai di Sydney telah mengalami perubahan yang sangat signifikan selama 25 tahun terakhir. Dari awalnya merupakan lokasi pembuangan limbah kotoran manusia alias septik tank menjadi kawasan yang mampu mendongkrak ekonomi setempat dan lingkungan yang terjaga kelestariannya.

Robot bawah air digunakan untuk memeriksa kondisi konsentrasi kandungan feses di saluran limbah manusia bawah laut di Kota Sydney.
Robot bawah air digunakan untuk memeriksa kondisi konsentrasi kandungan feses di saluran limbah manusia bawah laut di Kota Sydney.


Perubahan ini dimungkinkan karena sejak tahun 1990, Pemerintah New South Wales telah menghabiskan anggaran senilai $300 juta untuk membangun saluran limbah pembuangan kotoran manusia yang jaraknya hingga mencapai tiga kilometer di lepas pantai dan menyebarkannya di puluhan pemancar.

Fasilitas ini dibangun Bondi,  North Head dan Malabar sebagai respon dalam mengatasi pencemaran lingkungan yang bermunculan di pantai-pantai di Sydney.
Saat ini, dikawasan itulah pengemudi robot bawah air, Paul McGaw rutin melakukan pemeriksaan jumlah limbah kotoran manusia yang dialirkan ke laut. 
 
McGaw merupakan bagian dari tim survei saluran pembuangan limbah manusia utama di laut dalam Sydney yang dibentuk 25 tahun yang lalu pada bulan November 1990.
 
Pengawas. Daniel Fitzhenry mengatakan sebelum  fasilitas saluran limbah kotoran manusia utama dibangun, kotoran manusia itu dipompa ke laut dari sebuah tebing yang terletak di dekat beberapa pantai yang paling terkenal di Sydney.
 
"Jadi bisa dikatakan dahulu pantai-pantai di Sydney itu tak ubahnya sepert septic tank, kondisinya sangat mengerikan," katanya.
 
"Ada banyak kotoran manusia mengapun di pantai-pantai di Sydney dan pantai-pantai yang berdekatan dengan saluran pembuangan limbah itu sangat tercemar."
 
Otoritas pengelolaan air di Sydney mengatakan  setelah instalasi saluran limbah utama dioperasikan, kontaminasi feses di pantai-pantai di  Sydney konsentrasinya berkurang hingga satu juta kali.
 
Tim peneliti ini sekarang tengah melakukan penelitian terkait manfaat ekonomi dari pantai yang bersih, termasuk peningkatan pariwisata dan beberapa keluhan kesehatan.
 
John O'Mahony dari Deloitte Access Economics mengatakan manfaat ekonomi  dari kondisi pantai yang bersih dan terjaga lingkungannya ini kemungkinan besar akan mampu mencapai hingga beberapa miliar dolar di seluruh kawasan Sydney dan NSW dalam kurun waktu 25 tahun.
 
"Di luar temuan berkurangnya jumlah  penyakit warga dan manfaat dari keanekaragaman hayati dari pantai yang bersih, ada dividen ekonomi yang sangat besar, pantai yang bersih dan terawat ini telah mendorong pariwisata internasional dan meningkatkan citra Kota Sydney," katanya,
 

Pemandangan orang berenang di pantai Sydney ditengah sampah dan kotoran manusia pada tahun 1990.
Pemandangan orang berenang di pantai Sydney ditengah sampah dan kotoran manusia pada tahun 1990.