ABC

Daging dan Kotoran Anjing Pun Bisa Jadi Sampah Organik

Sekelompok warga di Kota Perth, Australia Barat yang terpilih akan segera bisa membuang limbah daging, produk susu, bubuk kopi, kotoran anjing dan pasir kotoran kucing ke tempat sampah hijau mereka.

Kota Melville, di pinggiran selatan Perth, Australia Barat sedang menguji program daur ulang organik yang melibatkan 7.000 penduduk.

Mulai minggu depan mereka akan dibolehkan membuang seluruh limbah organik dari rumah-rumah mereka ke tempat sampah berwarna hijau, yang biasanya hanya untuk menampung limbah dari kebun seperti dedaunan, potongan rumput dan dahan dan ranting-ranting pohon.

"Tempat sampah hijau ini akan menampung semua bahan organik yang dihasilkan oleh rumah tangga di kota ini," kata  Steve Wacher, manajer pemulihan sumber daya dan limbah kota Melville.

"Anda bisa memasukkan semua limbah buah dan sayuran, daging dan tulang, makanan laut, roti, susu, teh dan kopi ke tempat sampah itu dan juga gulma, tanaman, pemangkasan pohon, cabang kecil, kotoran anjing, pasir kucing."

Tempat sampah dilapisi plastik
ketimbang berakhir di Tempat Pembuangan Limbah Akhir (TPA), limbah sisa makanan dijadikan kompos.

612 ABC Brisbane: Jessica Hinchliffe

60 persen dari semua sampah organik

Kota Melville berharap uji coba dapat mengurangi jumlah limbah rumah tangga yang dikirim ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Ini juga akan memungkinkan orang yang tidak ingin memiliki komposter sampah di rumah menjadi lebih ramah lingkungan.

Agar lebih mudah bagi peserta uji coba ini memisahkan sampah makanan organik dari sampah lainnya, kota ini telah memasok mereka dengan tempat sampah dapur berukuran kecil yang dilengkapi dengan lapisan komposter.

"Kami berusaha membuat ujicoba ini menjadi semudah mungkin," tambah Steve Wacher.

"Kami menerapkan program edukasi dan kami juga akan melakukan penandaan tempat sampah dan memberi tahu penduduk tentang cara meletakkan barang yang benar di tempat sampah yang tepat."

Kompos Biochar
Diharapkan progran uji coba tempat sampah kompos ini akan menghasilkan lebih banyak kompos bermutu baik untuk taman-taman milik pemerintah kota.

Supplied: Rose Grant

Kebun kota akan diuntungkan

Saat ini isi tempat sampah hijau di kota Melville diproses di fasilitas bersama dengan dewan kota lainnya dan kompos yang bisa digunakan untuk pertanian akan diproduksi.

Diharapkan uji coba tempat sampah hijau ini akan menghadirkan produk unggulan.

"Ini akan menutup rangkaian siklus pemrosesan limbah dan menghasilkan kompos dengan kualitas yang lebih baik dan akan digunakan di taman kami," kata Steve Wacher.

Jika uji coba ini berjalan lancar, dewan kota akan mempertimbangkan untuk menawarkan layanan tersebut kepada semua warga di wilayah mereka. 

"Itulah mengapa kami menerapkan sebuah uji coba sebelum melangkah lebih jauh, untuk mengidentifikasi masalah sebelum menggelar aksi secara massal," katanya.

"Saya kira ini bukan sebuah perubahan yang besar, tapi menurut saya sebagai manusia kita berusaha untuk menolak perubahan.

"Tapi kami telah memiliki serangkaian malam pemaparan di kalangan warga di Melville dan mendapat sejumlah tanggapan positif.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini