ABC

Cuaca Hangat Lebih Panjang, Jumlah Kucing di Australia Melonjak

Para pakar hewan mengatakan, ada efek samping tak terduga dari periode cuaca hangat yang lebih panjang di Australia -yakni lonjakan tajam dalam jumlah kucing.

Kepala Komunitas Perlindungan Kucing New South Wales, Kristina Vesk, mengatakan, cuaca hangat yang lebih lama menyebabkan periode "musim" anak kucing lebih panjang dan bahkan membuat kucing berkembang biak pada musim dingin, yang selama ini merupakan gejala tak biasa.

"Secara pengamatan, tak diragukan lagi bahwa cuaca memiliki dampak," ujar Kristina.

Ia menerangkan, "Siklus kembang biak kucing dipicu oleh periode terang, dan sinar matahari serta kehangatan Jadi, ketika Anda mengalami musim dingin langka yang sangat hangat -atau terjadi serentetan cuaca hangat di musim dingin - itu menyebabkan kucing percaya bahwa ini adalah waktunya untuk berkembang biak."

Kristina mengatakan, yang disebut "musim kucing" bertambah durasinya untuk jangka waktu lebih lama.

"Saya telah menyaksikan 10 musim anak kucing selama bergabung di Komunitas Perlindungan Kucing dan satu hal yang sangat terlihat adalah perpanjangan musim ini, fakta bahwa itu masih tetap terjadi di musim dingin," sebutnya.

Ia menuturkan, tahun 2013 – yang diakui secara resmi sebagai tahun terpanas dalam sejarah Australia -mengalami lonjakan nyata dalam jumlah anak kucing.

"Hanya melihat data dari beberapa tahun yang lalu, kami memiliki jumlah anak kucing yang banyak pada 2013 dan itu cukup banyak hampir dua kali lipat dari tahun 2009," kemuka Kristina.

Ia menambahkan, "Cuaca hangat di musim dingin yang tak normal benar-benar bisa memicu seluruh kucing berkembang biak."

Profesor kedokteran kucing di Universitas Sydney, Vanessa Barrs, mengatakan, ilmu pengetahuan mendukung pengamatan Kristina.

"Tentu saja, saya pikir pengamatan mereka mungkin mencerminkan fakta bahwa kucing di Australia lebih cenderung berkembang biak sepanjang tahun," utaranya.

Ia menyambung, "Kita tahu bahwa siklus kembang biak kucing dipengaruhi oleh jumlah sinar matahari dalam satu hari, dan itu sebabnya banyak kucing, terutama di daerah beriklim dingin, tak berkembang biak selama bulan-bulan musim dingin."

Profesor Vanessa mengatakan, satu kucing betina bisa menghasilkan sampai 40 anak kucing selama satu tahun dan jumlah kucing bisa melonjak di Australia jika para pemilik tak memelihara mereka secara bertanggung jawab.

"Apa yang kami tahu adalah bahwa sudah ada sejumlah besar kucing yang tak diinginkan di Australia dan saya pikir, hal yang akan paling mempengaruhi adalah kemampuan kita untuk mensteril mereka lebih awal," sebutnya.

Kristina mengatakan, ia setuju bahwa sterilisasi kucing begitu penting.

"Bagi populasi kucing peliharaan, sterilisasi usia dini bisa mencegah itu. Tapi sekali lagi, beberapa orang mungkin berpikir 'oke ini di tengah-tengah musim dingin dan, saya bisa menunggu sampai musim semi',” tuturnya.

"Saya akan mengatakan, jangan menunggu. Mereka akan berkembang biak ketika kondisinya tepat dan seringkali kondisinya tampak tepat," imbuhnya.