ABC

Chen Shaoliang Bintang Footy Australia Pertama Asal China

Liga sepakbola gaya Australia, Footy musim 2017 sudah dimulai dan salah satu pemain di klub Port Adelaide (Australia Selatan) yang berasal dari China Chen Shaoliang berharap akan turun dalam pertandingan melawan Gold Coast Sun di Shanghai bulan Mei mendatang walau belum sembuh benar dari cedera.

Pertandingan Port Adelaide melawan Gold Coast Sun merupakan bagian dari kampanye yang dilakukan Liga Sepakbola Australia (AFL) untuk semakin menarik peminat penonton di China.

Dan kehadiran Chen Shaoliang di Port Adelaide diharapkan akan menambah ketertarikan penonton maupun media di China akan sepakbola gaya Australia tersebut.

Namun Chen Shaoliang yang mengalami cedera parah di lututnya tahun lalu, belum yakin apakah dia akan mampu bermain sampai menit terakhir karena cedera yang dialaminya tersebut.

Berasal dari Chaozhou di Guangdong, Shaoliang tiba di Australia pada tahun 2016 sebagai bagian dari strategi Port Adelaide untuk memasuki pasar China, yang disebut sebagia China strategy.

Shaoliang sendiri baru mengenal footy di tahun 2012 setelah berpartisipasi dalam latihan bersama AFL di China.

Dari sini Shaoliang jatuh cinta dengan olahraga ini dan menjadi kapten tim China - Tim AFL nasional China.

"Ketika saya pertama kali menonton AFL saya merasa bahwa olahraga ini mungkin tidak cocok buat saya," kata Shaoliang sambil tertawa.

"Tapi ketika saya pertama kali memegang bola saya jadi semangat. "

Klub Port Adelaide tertarik dengan bakat yang diperlihatkan Shaoliang, dan memberinya kesempatan untuk bergabung di tahun 2016 untuk berlatih dan mempersiapkan diri untuk bermain di kompetisi SANFL, kompetisi di negara bagian Australia Selatan.

Sayangnya, dalam sesi latihan di minggu pertama kehadirannya di Adelaide, dia mengalami cedera ACL atau anterior cruciate ligament yakni urat di dalam sendi yang menjaga kestabilan sendi lutut robek, cedera yang tergolong parah bagi para atlet.

Shaoliang kemudian harus menghabiskan sebagian besar waktunya pada tahun 2016 untuk menjalani rehabilitasi.

"Lutut saya sudah baik, dan semakin jauh lebih kuat sekarang," kata Shaoliang.

"Saya berbicara dengan fisio dan mereka mengatakan kepada saya jika semuanya berjalan sempurna maka saya bisa bermain pada bulan Mei.

"Mereka tidak bisa mengatakan 100 persen, tetapi mereka mengatakan itu mungkin terjadi."

Ini akan menjadi waktu yang tepat untuk Shaoliang, yang berharao dapat berpartisipasi dalam sejarah pertandingan pertama AFL di China sebagai bagian dari kompetisi AFL tahun 2017.

"Menurut saya akan bagus sekali jika AFL disukai [di China]," kata Shaoliang.

"Itu akan menjadi luar biasa."

Shaoliang menyukai gerak cepat dalam permainan ini dan melibatkan kerja sama tim juga.

"Saya merasa bahwa AFL adalah permainan benar-benar baik untuk belajar bermain ... kita harus benar-benar fit untuk terus berlari di lapangan selama pertandingan." kata Shaoliang.

Dia mengakui bahwa banyak orang di China masih tidak tahu persis olahraga apa AFL itu, tapi sebagai duta ia bertekad untuk berusaha memperkenalkan AFL di China.

"Saya berharap banyak orang yang menyaksikan pertandingan pada Mei mendatang."

Pertandingan antara Port Adelaide v Gold Coast Suns akan diselenggarakan di Jiangwan Stadium, Shanghai, pada Minggu 14 Mei 2017 pukul 13.15 waktu setempat dan disiarkan langsung di jaringan televisi Australia Plus.