ABC

Chairman ABC Justin Milne Mundur Setelah Pecat Direktur Pelaksana Michelle Guthrie

Dalam selang hanya empat hari, dua pucuk pimpinan lembaga media Australia ABC tidak lagi menduduki jabatannya.

Hari Kamis (27/9/2018), Chairman (Presiden Dewan Direktur ABC) Justin Milne mengundurkan diri dan menggambarkan apa yang terjadi dalam seminggu terakhir sebagai 'firestorm (badai api besar).'

Milne mengundurkan diri setelah sebelumnya hari Senin, dalam kedudukannya sebagai Chairman, memecat Direktur Pelaksana Michelle Guthrie, karena mengganggap Guthrie tidak memiliki gaya kepemimpinan untuk membawa ABC ke depan.

Namun sehari setelah pemecatan, beredar email bahwa Justin Milne pernah mengirimkan surat kepada Guthrie mendesak agar salah seorang wartawan ABC Emma Alberici dipecat karena Alberici tidak disukai oleh pemerintah Australia.

Munculnya laporan email tersebut di media menimbulkan pertanyaan apakah sebagai Chairman, Justin Milne berusaha mempengaruhi independensi ABC sebagai media.

Setelah pengunnduran diri Milne, Dewan Direktur ABC sedang bertemu untuk menentukan siapa yang akan menjadi Chairman sementara.

Dalam wawancara ekslusif dengan Leigh Sales dalam acara 7.30 milik ABC, Milne menggambarkan peristiwa seminggu terakhir sebagai 'badai api besar' dan dia ingin 'menyediakan saluran pemadam".

"Jelas sekali ada banyak tekanan terhadap organisasi, dan selalu kepentingan saya adalah menjaga kepentingan organisasi." katanya.

"Jelas bahwa bukan hal yang baik bagi semua orang untuk mencoba melakukan pekerjaan mereka dengan badai api besar yang sedang terjadi saat ini."

Dalam dua hari terakhir Milne mendapat tekanan besar untuk mundur.

Selain meminta agar Emma Alberici dipecat, Milne juga dilaporkan mendesak seorang wartawan senior ABC lainya untuk diberhentikan, karena pemerintah Partai Koalisi tidak menyukai mereka.

Sebelumnya, kelompok media Fairfax menyebutkan bahwa Milne mengirim email kepada Guthrie bulan Mei lalu mendesak agar Alberici dipecat.

Alberici sebelumnya pernah membuat tulisan mengenai kinerja pemerintah, dan kemudian dikritik karena mengandung beberapa kesalahan fakta.

Sebuah laporan yang dibuat oleh media News Limited menyebutkan bahwa Milne juga meminta agar editor politik ABC Andrew Probyn dipecat.

Dalam wawancara dengan Leigh Sales, Milne mengatakan dia selalu berusaha untuk mempertahankan independensi editorial ABC.

"Sama sekal tidak ada campur tangan dari pemerintah dalam soal independensi ABC." katanya.

"Tidak seorang pun dari pemerintah pernah menelpon saya, dan meminta saya melakukan sesuatu dalam hubungannya dengan ABC."

Michelle Guthrie speaks to senators in an estimates committee. Communications Minister Mitch Fifield is in the background.
Michelle Guthrie diberhentikan sebagai Direktur Pelaksana ABC hari Senin.

ABC News: Nick Haggarty

Ketika ditanya apakah dia pernah mengirim email ke Michelle Guthrie meminta agar Direktur Pelaksana ABC tersebut memecat Alberici, Milne mengatakan dia harus menjelaskan hal ini sesuai dengan 'konteks'.

"Ketika ada masalah independensi editorial, dan akurasi, maka layak chairman terlibat. Ini bagian dari tugas chairman." katanya.

"Tetapi saya tidak pernah mengirim email ke Michelle Guthrie atau yang lain, yang mengatakan mereka harus memecat Emma Alberici atau Andrew Probyn atau yang lainnya."

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini