ABC

Cari Tahu Riwayat Keuangan Pasangan Sebelum Berhubungan

Hampir semua orang pernah mendengar tentang penyakit menular seksual, tetapi di dunia bebas tempat di mana kita hidup ini, para penasihat keuangan mengatakan, hutang yang menular secara seksual makin banyak ditemukan.

"Hutang menular seksual adalah hutang yang Anda dapatkan dari pasangan Anda. Ini tak selalu berbahaya, tetapi hasil akhirnya, apakah hubungan anda nantinya berlanjut atau tidak, Anda bisa saja berhutang hanya dengan berada dalam hubungan itu," jelas Melissa Browne, direktur lembaga Akuntan A&TA.

Melissa mengatakan, hutang menular seksual bisa tahan lama dan sangat merusak seperti halnya penyakit menular seksual.

Sebagai contoh, Anda bisa terkena hutang menular seksual dari sesuatu yang sederhana seperti ingin membelikan pacar Anda ponsel yang dia inginkan.

Rekam jejak kreditnya yang buruk menghalanginya untuk mencicil ponsel sendiri, sehingga Anda mau mencicil ponsel untuknya dengan nama Anda.

Dua bulan kemudian, hubungan percintaan anda dengan si dia berakhir dan ia-pun telah pergi dari kehidupan anda, setelah meninggalkan tagihan besar dari cicilan ponsel barunya.

Hadiah yang ia berikan untuk Anda adalah cicilan ponsel dan hutang ponsel yang mesti anda bayar, selamat!.

Hutang menular seksual juga bisa berasal dari kredit mobil yang anda jamin secara pribadi, kontrak sewa rumah Anda, atau pembelian lain di mana cicilan kredit terlibat.

Tapi ada cara lain.

Melissa bercerita tentang pasangan yang berbisnis bersama.

Sang suami bertugas menemui klien sementara sang istri mengurusi keuangan.

Sang suami menganggap semua tagihan telah dibayar. Ia tak tahu bahwa istrinya memiliki masalah judi dan menempatkan semua uang mereka ke mesin poker.

Kelalaian sang istri akan kecanduan yang dialaminya tak menyelamatkan bisnisnya dengan sang suami.

Sang istri bangkrut dan sang suami hampir dibuat menyusul jejaknya sembari berjuang untuk mencari uang agar mampu membayar hutang bisnis.

Selalu waspada

Melissa mengatakan, sama seperti ketika kita harus mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari penyakit menular seksual, kita harus sama waspadanya terhadap hutang yang menular secara seksual.

"Ketika Anda memasuki hubungan baru, atau ketika situasi Anda berubah, Anda perlu mengajukan pertanyaan: 'Bagaimana jika semuanya tak berjalan baik?'," sebutnya.

Ia melanjutkan, "Dalam contoh ponsel tadi, jika orang itu sempat bertanya, 'bagaimana jika kita berpisah?’ mungkin ia akan membeli ponsel bekas dengan kartu pra-bayar, yang akan melindunginya dari hutang menular seksual.”

Melissa mengatakan, pertanyaan "bagaimana kalau" bahkan lebih penting bagi isu-isu yang lebih besar, seperti jika diminta menjadi direktur sebuah perusahaan, diminta mengelola dana kelompok tertentu atau penjamin pinjaman.

"Anda bahkan mungkin perlu mencari nasihat keuangan," tambahnya.

Titik awal untuk melindungi diri dari hutang menular seksual adalah dengan berbicara tentang uang- yang bisa terdengar sangat tak romantis pada awal hubungan baru, ketika panah asmara tengah membara.

"Saya adalah orang yang selalu... sebelum kita masuk ke hidup masing-masing, sebelum kita membuka rekening bank bersama, sebelum kita menyewa tempat bersama-sama, sebelum kita melakukan apa pun yang melibatkan 'kita', kita perlu melihat keuangan masing-masing dan lakukan transparansi,” tutur Melissa.

"Ini bukan selalu penghakiman, ini tentang memahami apa yang dibawa pasangan ke dalam hubungan anda dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi anda," sambungnya.

Melissa berujar, dengan memahami keuangan dan harapan masing-masing di sekitar dari awal hubungan, pasangan bisa membuat keputusan besar bersama-sama.

"Mendapat kejutan keuangan besar setelah Anda bersama-sama selama lima tahun akan merusak kepercayaan dan bisa merusak hubungan," katanya.