ABC

Cara Merayakan Natal dan Musim Festival di Sydney

Hitung mundur menuju Natal 2016 kini sudah dimulai. Tinggal sebulan lagi menjelang Santa Nikolas terbang keliling dunia dan tiba di Sydney untuk musim festival. Jika belum pernah datang ke kota terbesar di Australia ini selama musim liburan Natal, inilah beberapa perayaan yang bisa Anda ikuti.

Konser dan lampu pohon Martin Place

Salah satu event terbesar perayaan Natal di Sydney adalah lampu-lampu pohon Martin Place Christmas Tree. Terletak di jantung kota, pohon setinggi 21 meter akan dinyalakan langsung oleh Santa sendiri, yang akan tiba di kota itu dengan keretanya. Jika kurang fantastis, tunggu hingga kembang api dimulai bersamaan dengan menyalanya lampu pohon tersebut.

Konser Martin Place akan dimulai dengan penampilan pemenang ARIA Award Megan Washington, begitu pula show anak-anak oleh Bananas in Pyjamas serta Jimmy Giggle.

Martin Place, Sydney CBD, Sabtu 26 November 6.30 - 8.30pm

Perayaan Natal Dachshunds in the Park

Dachshunds mungkin jenis anjing paling keren yang dikenal manusia. Pakaikan topi Santa di kepala mereka dan kekerenannya pun akan bertambah.

Jika ini merupakan impian Anda untuk dalam merayakan musim festival, maka datanglah ke Perayaan Natal Dachshunds in the Park.

Di sini bisa melihat anjing-anjing yang berfoto bersama Santa, lomba fesyen, serta lomba kecepatan anjing.

Centennial Park, Minggu 27 November 10.30am - 1.30pm

The Rocks Very Merry Markets

Jika Anda berburu hadiah terbaik untuk keluarga atau kerabat, cukup datang ke The Rocks Very Merry Markets.

Buka setiap Jumat mulai 2 Desember hingga Natal, Anda bisa membeli penganan atau oleh-oleh bahkan buat kerabat yang paling cerewet.

Dan bagi mereka yang suka keunikan, bisa menyusuri jalan George Street untuk selfie bersama patung Santa raksasa yang terbuat dari peti susu. Patung setinggi 7 meter ini merupakan versi Australia dari Santa Nikolas yang dibuat dari 1.200 peti.

Jack Mundey Place dan Playfair Street, The Rocks, Jumat 2, 9, 16 dan 23 Desember 4 - 8pm

Christmas Fare

Pecinta makanan perlu jalan-jalan ke Christmas Fare di pusat kota atau CBD. Terbuka hanya satu malam, setidaknya 50 juru masak akan menyajikan hidangan-hidangan enak.

Christmas Fare merayakan makanan lokal dari para chef dan produsen, dan Anda bisa mendapatkan aneka makanan mulai dari yang sekadar untuk dicicipi dan buatan tangan hingga yang dibuat para ahlinya. Jika gemar minuman, tersedia bar dadakan tempat Anda bisa duduk sembari menikmati hiburan.

Hyde Park Barracks Museum, Macquarie Street, Kamis 15 Desember 4 - 9pm

Bus-bus Natal

Naik transportasi umum akan semakin menarik di Sydney menjelang Natal, saat bus-bus setempat bersaing untuk menjadi yang paling meriah.

Sudah jadi tradisi bagi para supir bus untuk menghiasi bus mereka sepanjang musim liburan dengan aneka hiasan warna meriah yang menghibur pada penumpangnya. Bus paling meriah akan mendapatkan hadiah uang untuk disumbangkan ke badan amal. Tak ada alasan lebih untuk naik angkutan umum selain hal itu, bukan?

Anda bisa lihat bus-bus mana saja yang dihiasi pada aplikasi NextThere. Untuk pertama kalinya tahun lalu aplikasi ini menggunakan emoji Santa dan pohon Natal untuk menuntun pengguna angkutan menemukan bus Natal di Sydney.

Lampu-lampu Natal

Lights of Christmas di St Mary’s Cathedral merupakan pusat perayaan Natal di Sydney.

Pertunjukan lampu dan bunyi spektakuler bertema 'Joy to the World' akan menampilkan animasi yang dipancarkan ke jejeran dinding bangunan bersejarah sepanjang 75 meter.

Event tahunan di Katedral ini menampilkan bunyi dan cahaya menggunakan proyeksi 3D, menciptakan semacam kanvas bergerak. Sebelum show dimulai tiap malam, kor akan dipertunjukkan di anak tangga gereja Sydney tersebut. Di malam musim panas yang hangat, acara ini cocok dinikmati seluruh anggota keluarga.

St Mary's Cathedral, Kamis 8 Desember hingga Minggu 25 Desember mulai jam 7.30pm

Carols in the Domain

Carols in the Domain merupakan nyanyi Natal bersama terbesar di Australia. Orang tua dan muda membawa tikar piknik mereka untuk menandai tempat di rerumputan demi menonton artis-artis Australia dengan lagu-lagu Natal. Anda tak pernah tahu siapa yang akan tampil. Di tahun-tahun sebelumnya artis internasional seperti Hugh Jackman dan Josh Groban tampil di Carols, dan David Hasselhoff bahkan pernah hadir langsung.

Kini di tahun ke-34, event terkenal ini kembali siap digelar bagi para anggota keluarga untuk merayakan akhir tahun dan menyambut awal yang baru.

The Domain, Minggu 18 Desember mulai jam 12pm, konser dimulai jam 8.30pm

Diterbitkan Pukul 14:00 AEST 25 November 2016 oleh Farid M. Ibrahim.