ABC

Cara Mencegah Kulit dari Polusi

Polusi ... membuat batuk, tersedak berdampak buruk bagi lingkungan, tetapi penelitian menunjukkan polusi juga berdampak serius pada kesehatan kulit Anda.

Polusi umum, seperti emisi industri, asap knalpot, asap rokok, partikel debu, telah dikaitkan dengan penyebab penuaan dini kulit, eksim, dermatitis, jerawat, psoriasis dan kerusakan DNA.

Baru-baru ini ada kajian soal polusi dan dampaknya bagi kesehatan, yang diterbitkan pada Journal of Dermatological Science yang menemukan bahwa ozon berpotensi menguras kandungan antioksidan pada kulit, sehingga dibutuhkan produk kosmetik khusus untuk melindungi kulit dari kerusakan polusi yang disebabkan udara .

Hasil penelitiannya kurang bagus... tapi kulit Anda bisa dalam kondisi baik, jika Anda tahu bagaimana caranya mempersenjatai diri.

Langkah 1: Memahami bagaimana polutan membahayakan kulit Anda akan membantu Anda tahu bagaimana melindunginya

Baiklah, mari berpura-pura masuk ke laboratorium. "Materi partikulat (PM) adalah istilah yang menjelaskan polusi udara di atmosfer, dan PM 2,5 (yang mengacu pada ukurannya) mampu menembus folikel rambut dan pori-pori kulit," kata Selina Mithen, Pakar Kesehatan Kulit Swisse. Polutan utama di atmosfer adalah senyawa polisiklik aromatik (PAH), senyawa organik volatil (VOC), oksida nitrogen (NOx), dan Ozon (O3). Kandungan-kandungan ini menyebabkan kerusakan dengan beberapa cara, termasuk melemahkan lapisan penghalang kulit, kerusakan akibat radikal bebas, serta inflamasi.

Langkah kedua: Membersihkan Lebih Dalam

Luangkan waktu Anda dengan pembersih untuk menghilangkan permukaan polutan (bukan hanya disarankan bagi perempuan-perempuan dari negara-negara industri saja, tapi hasil studi dari Journal of Dermatological Science juga menunjukkan hal ini adalah masalah global).

Menggunakan sikat pembersih beberapa kali seminggu adalah ide yang baik jika biasanya Anda hanya membasuh kulit dengan segera. Juga menggunakan masker setidaknya dua kali seminggu, seperti masker dari madu Manuka keluaran Swisse, "Masker ini dapat menarik kotoran dari kulit dengan efek dari kandungan arang dan membantu menjaga kesehatan kulit dengan tambahan kandungan Manuka, yang dikenal untuk menenangkan, juga antibakteri," jelas Mithen.

Langkah ketiga: Membangun penghalang

Karena polusi menyerang lapisan penghalang kulit, Anda perlu membuat satu lapisan penghalang. Memakai pelembab SPF, BB cream atau make-up yang mengandung antioksidan, yang dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan radikal bebas -seperti kandungan PAH dan VOC.

Langkah empat: Lipatgandakan Penghalang

Jika Anda menggunakan produk anti-penuaan, pilih yang mengandung antioksidan karena akan memberikan perlindungan ganda, baik terhadap penuaan dini dan memperkuat lapisan penghalang pada kulit. Ekstrak herbal di pelembab juga dapat membantu mencegah dan menenangkan kulit berjerawat yang dapat dipicu oleh paparan polutan PAH.

Artikel ini diproduksi oleh Swisse