ABC

Cara Ampuh Mengatasi Kutu Rambut

Kutu rambut sering menjadi bahan pembicaraan di Australia dengan sekolah kadang harus mengirim surat kepada para orang tua murid bila ada kejadian dimana ditemukan kutu rambut di kepala anak-anak.

Murid bersangkutan seringkali disarankan untuk tidak ke sekolah sampai rambutnya bersih dari kutu.

Dan membersihkan rambut anak dari kutu rambut pun bukan hal yang mudah, dan kadang bisa menimbulkan frustrasi orang tua dan anak.

Kadang orang tua perlu menghabiskan berjam-jam menyisir rambut anak mereka – tapi beberapa hari kemudian kembali mendapati anak-anak mereka mulai menggaruk kepalanya.

Di luar masalah iritasi dan frustrasi yang menyertai kutu rambut, banyak dari kita menerima saja pengetahuan kalau kutu rambut hanya senang bersarang di rambut bersih.

Tapi apakah demikian adanya?

Dan apa cara terbaik untuk menyingkirkan makhluk kecil yang tidak berbahaya tapi mengganggu ini?

Pakar entomologi kesehatan masyarakat, Dr Cameron Webb membantu kami memilih sejumlah mitos dan kesalahpahaman seputar kutu rambut.

Bagaimana Anda menangkap kutu rambut?

"Anda harus memiliki kontak langsung antar kepala dengan kepala untuk kutu rambut dapat berpindah dari satu orang ke orang lain," kata Dr. Webb.

Inilah salah satu alasan mengapa kutu rambut paling sering terjadi pada anak-anak masih duduk di sekolah dasar - mereka sering menyatukan kepala mereka saat bermain, berpelukan, atau melakukan pekerjaan kelompok.

Jika berkaitan dengan berbagi topi, handuk atau tempat tidur, Dr Webb mengatakan risiko tertular kutu rambut rendah.

"Kutu rambut suka berada di rambut, dan suka berada di lingkungan yang hangat dan lembab itu," katanya.

"Begitu mereka keluar dari kepala kita, mereka luar biasa canggung - mereka mengering dan mati dengan cepat.

"Itulah alasan mengapa tidak mungkin Anda mengangkat kutu rambut dari barang-barang lain atau barang-barang rumah tangga."

"Luangkan waktu untuk memastikan rambut anak-anak Anda diikat kebelakang dengan baik dan kencang saat mereka pergi ke sekolah," katanya.

"Mungkin itu salah satu cara terbaik untuk menghentikan anak Anda tertular kutu rambut di tempat pertama."

Apakah kutu rambut lebih memilih rambut bersih atau kotor?

Mengatasi kutu kepala
Gunakan conditioner, pijat dan kemudian sisir dapat menjadi cara mengatasi kutu rambut yang ampuh.

Flickr: Smee72

Kutu rambut tidak memiliki preferensi jika berkaitan dengan rambut bersih atau kotor - mereka akan mendapatkan rambut siapa saja jika mereka mendapat kesempatan.

"Kami menemukan bahwa Anda bisa mendapatkan kutu rambut pada hampir semua jenis rambut yang bisa dibayangkan - tebal, tipis, panjang, pendek, bersih, kotor - itu sama sekali tidak membuat perbedaan," kata Dr. Webb.

Memiliki rambut yang sangat tebal atau panjang bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk mengangkut kutu rambut, hanya karena anda memiliki lebih banyak rambut.

Namun keberadaan kutu rambut sama sekali tidak menunjukkan kebiasaan hunian yang buruk atau lingkungan hidup yang tidak bersih.

"Terkadang Anda berada di tempat yang salah pada waktu yang salah dan anak itu [secara tidak sengaja] mengangkut kutu rambut tersebut," kata Dr. Webb.

Apa cara terbaik untuk mengatasi kutu rambut?

Umumnya ada dua pendekatan yang berbeda untuk mengatasi kutu rambut.

Yang pertama adalah menggunakan obat kimia atau shampoo kutu rambut yang bisa dibeli langsung di supermarket atau apotek.

"Produk ini mengandung insektisida atau sejenis produk yang diturunkan dari tanaman, dan bisa efektif untuk membunuh kutu rambut," kata Dr. Webb.

Penting untuk menggunakan obat kimia kutu rambut ini sesuai arahan, katanya, untuk memastikan penggunaan obat kimia itu efektif.

Dr Webb mencatat, bagaimanapun, orang seharusnya tidak terlalu sering menggunakan insektisida, karena populasi kutu rambut bisa menjadi semakin resisten terhadapnya.

"Mungkin ini salah satu alasan mengapa metode menggunakan pelembut rambut atau conditioner dan sisir khusus kutu rambut sangat efektif ... karena kutu rambut tidak tahan terhadapnya," katanya.

Itu membawa kita ke pendekatan kedua: apa yang para ahli sebut metode pelembut rambut atau conditioner dan sisir khusus kutu rambut.

"Itu melibatkan kegiatan menggosokkan kondisioner berwarna pucat ke seluruh rambut anak anda. Apa yang terjadi adalah kutu rambut akan mabuk, sehingga mereka tidak bisa bergerak," kata Dr Webb.

Kemudian, dengan menggunakan sisir kutu yang dirancang khusus, Anda secara sistematis dapat menyisir rambut anak Anda untuk mengeluarkan kutu-kutu rambut tersebut.

Kunci dari kedua perawatan tersebut adalah mengulangi prosesnya seminggu kemudian. Sementara perawatan awal akan membunuh atau mengeluarkan kutu rambut orang dewasa, tidak 100 persen efektif menghilangkan telur kutu rambut - juga dikenal sebagai nits.

"Telur akan menetas dalam waktu kurang dari seminggu, jadi Anda hanya membiarkan mereka semua menetas, menyisir dan mengulangi prosesnya lagi, dan menghapus sebanyak mungkin kutu," kata Dr. Webb.

Dia merekomendasikan untuk meluangkan 2 kali kesempatan di malam minggu, memutar DVD favorit anak Anda, dan dengan hati-hati menyisir rambut mereka.

Apakah minyak Tea Tree efektif?

Minyak Tea Tree adalah obat yang populer untuk mengobati kutu rambut, dan ada berbagai produk yang tersedia dan terdaftar untuk digunakan di Australia.

"Ada bukti yang menunjukkan bahwa minyak Tea Tree ini efektif membasmi kutu rambut, namun tidak jauh lebih baik daripada metode insektisida lainnya atau metode menggunakan pelembut rambut atau conditioner dan sisir khusus kutu rambut," kata Dr. Webb.

"Kita harus sadar bahwa sejumlah mitos perkotaan dan pengobatan rumahan untuk menghilangkan kutu rambut dapat mengekspos anak-anak terhadap zat iritasi yang mungkin terjadi ... zat kimia yang mungkin tidak diperlukan untuk digunakan pada kepala anak-anak."

Dia merekomendasikan metode menggunakan pelembut rambut atau conditioner dan sisir khusus atau produk obat kutu rambut yang dijual bebas.

"Ramuan rahasia untuk mengatasi kutu rambut itu sebenarnya adalah kesabaran dan ketekunan."

Dapatkah Anda memiliki kutu rambut dan tidak mengetahuinya?

Sayangnya, ya.

"Ada kemungkinan bahwa ada kutu rambut di rambut seseorang selama beberapa waktu dan itu tidak pernah benar-benar diperhatikan," kata Dr. Webb.

Jadi jika Anda melihat sesuatu yang merangkak, katakan saja. Atau paling tidak jangan mendekatkan kepala anda.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.