ABC

Canggihnya Kapal Penelitian Ilmiah Terbaru Australia

Mari lihat dari dekat kapal penelitian terbaru Australia - sepanjang 94 meter, 10 tingkat senilai $120 juta yang diberi nama RV Investigator.

Kapal ini memiliki sesuatu yang seolah-olah seperti kumis kucing yang memanjang keluar dari lambungnya. Benda itu siaga dan siap, merasakan cuaca, suhu, kepadatan atmosfer, salinitas, menguji tingkat ozon, dan tentu saja peta.

Ketika alat ini dioperasikan Ia akan mengambil sampel udara, bagian bawah air dan bahkan dapat menggali ke lantai laut, mengambil sampel inti dari bagian bumi dibawah laut.

Ini adalah Kapal Riset (RV) Penyidik, terbaru yang menjadi nadi bagi dunia ilmiah nasional Australia, dibangun di galangan kapal Singapura dan menghabiskan anggaran senilai $120 juta. Kapal ini dioperasikan oleh Fasilitas Kelautan Nasional, bagian dari CSIRO.

RV penyidik saat ini didanai oleh Pemerintah Federal untuk 180 hari dalam setahun, meskipun dia mampu berlayar di laut selama 300 hari setahun.

Matthew Boyd
Pakar Hidrografi CSIRO Matthew Boyd membantu ilmuwan melakukan penelitian di kapal RV Investigator.

ABC RN: Ann Jones

Setiap tahun Fasilitas Kelautan Nasional menerima aplikasi setara dengan pelayaran selama 800 hari, lalu komite kemudian akan membagi ke sekelompok kecil ilmuwan yang ikut berlayar.

Kapal ini dirancang untuk membawa 40 ilmuwan dan kru pendukung pada saat bersamaan, dan dapat tetap berada di laut hingga 60 hari, bepergian ke pelosok wilayah laut Australia.

"Kapal ini perlu menjadi kota terapung, tetapi yang terpenting ini sebenarnya adalah sebuah platform penelitian yang bergerak juga," kata Ron Plashke, Direktur Fasilitas Kelautan Nasional.

"Kapal ini sering digambarkan sebagai kapal super-sains. '

Ron Plashke
Ron Plashke didek kapal RV Investigator.

ABC RN: Ann Jones

Ketika kapal ini sedang tidak digunakan, galangan yang menjadi rumah RV Investigator adalah kunanyi/Gungung Wellington di Hobart yang teduh.

Kapal dengan panjang 94 meter ini dibangun khusus untuk kepentingan riset di kedalaman air laut mulai dari ujung es di Samudera Selatan hingga perairan hangat tropis di khatulistiwa.

Secara kasar, ada tiga cara untuk mengumpulkan informasi ilmiah di lautan - dengan menggunakan instrumen yang dipasang di kapal itu sendiri, dengan menggunakan instrumen yang dilemparkan keluar ke samping kapal dan ditarik kembali atau dengan menggunakan instrumen yang dikerahkan dan akan dibiarkan di laut untuk dikumpulkan informasinya kemudian baik secara fisik maupun dari jarak jauh.

Masing-masing metode ini secara teknis sulit dilakukan dalam kondisi air laut yang berombak besar, asin dan tak terduga.

RV Investigator
Kapal RV Investigator penuh dengan peralatan, baik diluar maupun didalam.

ABC RN: Ann Jones

Kapal RV Investigator memiliki 10 lapisan dibagian dalam dan dipenuhi dengan sensors yang menilai sekelilingnya, termasuk radar cuaca besar yang tepat berada di bagian atas kapal, ukurannya sangat besar karena biasanya radar cuaca itu digunakan di daratan.

Lapisan pelindungnya membuat radar itu terlihat seperti bola ping pong raksasa, dan sensor didalamnya memberikan data real time ke anjungan dan ruang operasi.

CSIRO berharap suatu hari nanti publik akan bisa mengakses kondisi data real time ini dari jarak 150km dimana kapal penyidik ini tengah berlayar.

Jembatan di Kapal RV Investigator
Ilmuwan dan kru berbincang di jembatan RV Investigator

ABC RN: Ann Jones

Kapal ini dirancang memiliki kolam terbuka (moon pool) dibagian tengah, yang pada dasarnya adalah sumur terbuka sedalam lima lantai yang mengarah ke laut dibagian bawahnya.

Didalam kolam terbuka itu terdapat dua struktur besi besar, berbentuk seperti sayap kapal terbang, yang disebut drop keels. peralatan ilmiah kecil yang dapat ditempelkan pada rangka baja kapal dan diturunkan ke dalam lautan.

Gagasan dari kolam terbuka ini adalah untuk memindahkan peralatan sensitif yang dipasang di kapal agar jauh dari gema di kapal dan memaksimalkan kinerja peralatan ini. Bagian lambung kapal itu sendiri juga dirancang dengan bentuk khusus untuk mengurangi jumlah gelembung yang terbentuk dan mengalir di atas peralatan serta untuk mendistorsi suara.

Kru kapal RV Investigator
Anggota kru mengamankan salah satu dari plat yang bisa diturunkan.

ABC RN: Ann Jones

Ketika kapal penyidik RV tengah beroperasi atau dijalankan, kapal ini akan memetakan kemana saja kapal ini mengarah dan memberikan informasinya kembali ke pusat data di daratan. Peralatan pemetaan ini bisa mencapai kedalaman laut hingga 11.000 meter dan dapat juga memetakan dalam bentuk 3 dimensi.

"Kapal ini menunjukan kalau dua pertiga kawasan Australia berada dibawah permukaan laut - seluas itulah sesungguhnya perairan Australia, " kata Plashke.

"Tapi hanya seperempat dari wilayah laut Australia yang dipetakan dengan standar modern."

Kapal ini juga dirancang untuk menyebarkan peralatan dari segala macam, seperti CTD, yang mengukur konduktivitas, suhu dan kedalaman air laut.

Kapal ini juga akan mengumpulkan sampel air ke kedalaman 6.000 meter dan ditempatkan dalam kompartemen khusus kapal. Sementara itu dikerahkan anjungan akan menggunakan sistem posisi dinamis untuk menjaga alat tersebut selama masih di dalam air, akan dibiarkan dikedalaman satu meter dari titik sampling yang dinominasikan.

Alat CTD diluncurkan ke air
Kru dan teknisi bersiap meluncurkan alat CTD.

ABC RN: Ann Jones

CTD di air
Conductivity Temperature Depth (CTD) adalah alat yang digunakan dalam sampling oseanografi berisi botol-botol yang akan mengambil sampel air laut hingga ke kedalaman 6 km dibawah permukaan air laut.

ABC RN: Ann Jones

Para ilmuan dan kru pendukung di atas kapal bekerja dibagi dalam 2 jadwal shift selama 12 jam per hari, dimana dapur dan berantakan menjadi jantung sosial dari kapal ini.

Kapal ini juga memiliki fasilitas gym di bagian paling bawah dari kapal Penyidik RV, di mana dengan gerakan laut berarti Anda tidak perlu harus khawatir harus menyesuaikan "posisi miring" di atas treadmill.

Ini adalah lingkungan kerja yang luar biasa di mana para pekerja maritim dan ilmuwan bersama-sama dalam hubungan simbiosis yang unik untuk penelitian kelautan.

Join Ann Jones berada di kapal Penyidik RV untuk program Off Track dari ABC RN.

Alat pelampung di kapal RV Investigator
Matahari terbenam di RV Investigator.

ABC RN: Ann Jones

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

Diterjemahkan pukul WIB, 26/9/2016, oleh Iffah Nur Arifah.