ABC

Bunga Aster Langka Jadi Jenis Tanaman Asli ke-10 Ribu di Australia Barat

Bunga aster (daisy) yang langka sekarang ditetapkan sebagai jenis tanaman asli ke-10 ribu di Australia Barat, dan menjadikan negara bagian ini sebagai kawasan yang memiliki jenis tanaman paling kaya di dunia.

Bunga tersebut dengan nama latin,  Angianthus globuliformis, ditemukan bulan Mei lalu di Wheatbelt, kawasan yang mengelilingi ibukota Australia Barat Perth.

Proses idenfifikasi yang memerlukan waktu lama guna menentukan apakah bunga tersebut memang adalah bunga daisy yang langka baru diselesaikan minggu ini.

Australia Barat memiliki jumlah tanaman asli paling banyak di Australia, disusul oleh Queensland dimana terdapat sekitar 8 ribu tananam yang sudah berhasil diidentifikasi.

Bunga aster langka, Angianthus globuliformis, ditemukan bulan Mei lalu di dekat Danau Grace di Wheatbelt. (Supplied: Department of Parks and Wildlife)
Bunga aster langka, Angianthus globuliformis, ditemukan bulan Mei lalu di dekat Danau Grace di Wheatbelt. (Supplied: Department of Parks and Wildlife)

 

Kurator Kevin Thiele dari WA Herbarium, badan yang  bertanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis tanaman baru mengatakan penemuan daisy baru ini sangat penting bagi Australia Barat.

"BIla Australia Barat adalah sebuah negara, maka kami adalah negara terkaya ke-20 dunia dalam jumlah tanaman." kata Thiele.

"Bagi para ilmuwan, ini berarti Australia Barat adalah kawasan yang menarik untuk belajar, jadi memahami mengapa ada begitu banyak kekayaan tanaman di Australia Barat menjadi penting sekali."

"Ini juga berarti kita - sebagai ilmuwan, pemerintah dan komunitas - memiliki tanggung jawab besar untuk melestarikan berbagai tanaman ini bagi Australia Barat, bagi Australia dan bagi dunia."

"Juga menarik untuk mencari tahu mengapa begitu banyak spesies muncul di daerah tertentu, dan apa yang sebenarnya yang terjadi dalam proses evolusi di Australia  Barat, sehingga semua ini terjadi."

Dr Thiele mengatakan Australia Barat menjadi salah satu tempat di dunia dimana paling banyak tanaman baru ditemukan, karena adanya dua daerah yang memiliki kekayaan tanaman yang besar yaitu Kimberley dan South West.

"Daerah South West disebut sebagai hotspot bagi keanekaragaman hayati, dikenal secara internasional karena begitu banyaknya jenis tanaman asli yang ditemukan." kata Thiele.

"Setiap tahunnya kami bisa menemukan 50 jenis tanaman baru, dan masih banyak lagi tanaman yang tidak kami kenal sebelumnya."