ABC

Buku Bekal Terbaik Orang Tua Untuk Anak

Menghadapi masa depan yang tidak menentu ditengah perubahan zaman yang berlangsung sangat cepat ini, banyak orang tua mungkin bertanya-tanya, apa bekal terbaik yang harus mereka siapkan untuk anak-anak mereka? Seorang tokoh ilmuwan Australia memberikan salah satu tipsnya.

Sebagai Kepala Ilmuwan (Chief Scientist) Australia, Alan Finkel mengaku banyak mendapat pertanyaan serupa dari pada orang tua.

Dan menurutnya ada sebuah teknologi pembelajaran brilian yang sudah dikenal yang layak dipertimbangkan orang tua dalam memberikan bekal terbaik untuk anak-anak mereka.

Teknologi pembelajaran itu dapat membantu membangun kosa kata, menyampaikan pengetahuan, menumbuhkan kreativitas, meningkatkan konsentrasi, mengembangkan keterampilan penalaran dan pengenalan pola, menenangkan kegelisahan dan membuka diskusi ... semua manfaat ini, sambil juga memelihara cinta dan membawa kegembiraan.

Sumber daya atau baterai dari teknologi yang satu ini juga dapat bertahan selamanya. Ia juga mengatakan teknologi ini sangat murah, dan terkadang bahkan tidak berbayar alias gratis. Dan teknologi ini banyak tersedia di perpustakaan, toko dan rumah.

Bisakah Anda menebak teknologi apa itu?

Teknologi lama, untuk masa depan

Teknologi yang dimaksud oleh Alan Finkel adalah buku: buku yang sederhana, teknologi lama yang masih menjadi portal kita ke masa depan.

Alan Finkel mengatakan dasar pertimbangannya adalah: setiap empat tahun, siswa di Australia ambil bagian dalam penilaian global yang disebut TIMSS, Tren dalam Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Internasional.

Alan Finkel, Kepala Ilmuwan Australia:Goodnight Moon, karya Margaret Wise Brown

Dan sangat mengejutkan bahwa siswa kelas 8 Australia yang memiliki banyak buku di rumah memiliki kemungkinan sembilan kali lebih besar untuk tampil di tingkat mahir dalam bidang sains daripada siswa yang hanya memiliki beberapa buku di rumah.

Buku terbaik adalah buku yang Anda baca

Tentu saja, memiliki buku di rak di rumah adalah satu hal – namun satu hal yang lainnya adalah menggunakan dan menikmati buku.

“Saya menghargai buku sejak saya kecil, dan saya ingin membesarkan kedua anak laki-laki saya dengan cara yang sama. Saya ambisius: Saya sudah memulai bahkan sebelum mereka lahir. Begitu saya mulai, saya mendapati bahwa sangat mustahil untuk menghentikannya.”

“Saya membacakan [mendongeng] kepada anak laki-laki saya setiap malam dimana saya mampu melakukannya, sering kali saya terhanyut dan tertidur bersama mereka, dan saya mengakuinya, sesekali bahkan saya tertidur sebelum mereka tertidur.”

Itu adalah salah satu investasi terbaik yang pernah saya buat.

Tantangan untuk anda

Alan Finkel mengatakan sebagai orang dewasa, kita semua bisa memberi contoh dengan membaca buku sendiri. Ini awal yang bagus - tapi itu menurutnya tidak cukup.

Oleh karena itu pada musim libur perayaan Natal ini, Alan Finkel menantang kita semua untuk mengambil langkah selanjutnya.

Ambil sebuah buku dan berjanjilah untuk berbagi buku itu dengan seorang anak istimewa dalam hidup Anda: anak laki-laki atau perempuan, cucu, keponakan laki-laki atau keponakan perempuan, anak dari tetangga atau kerabat.

“Saya berjanji, Anda akan senang Anda melakukannya.

Dan anda tidak akan sendirian. Di balik setiap ilmuwan besar dan penemu terdapat sebuah perpustakaan dari buku-buku bagus. Saya membagikan rekomendasi untuk buku anak-anak dan janji untuk membacanya dari beberapa orang Australia yang terkenal, termasuk setidaknya satu pemenang Nobel.

Bersama-sama, kita bisa membuka dunia buku kepada generasi penerus dari para pemikir, para pembuat dan para pemimpin.

Dan kita dapat yakin bahwa mereka akan mengambil penanya di bab berikutnya yang mengherankan bagi dunia.

Dr Alan Finkel adalah ilmuwan kepala Australia.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.