ABC

Brisbane Perkenalkan Penanda Keamanan Baru Berbentuk Patung Manusia Kuning

Untuk lebih melindungi pekerja jalan, otoritas Queensland memperkenalkan pemasangan rambu peringatan baru berbentuk patung orang berwarna kuning pada proyek pembangunan jalan di pintu keluar kendaraan di Nudgee.

 

Patung pekerja berwarna kuning kini menggantikan penanda keselamatan berbentuk topi penyihir berwarna oranye yang membantu memberitahu pekerja kawasan yang perlu dihindari.

 

Penanda kesalamatan baru yang diciptakan oleh perusahaan konstruksi publik Fulton Hogan ini berbentuk 'pria' besar berwarna kuning yang digunakan sebagai penanda untuk melindungi peralatan pengujian bawah tanah yang sensitif.
 
Tidak seperti penanda keselamatan biasa yang berbentuk kerucut atau topi penyihir, penanda baru ini berusaha untuk menyentuh psikologi para pekerja untuk membantu mereka menghubungkan penanda itu dengan orang-orang di tempat.
 
Ron Mishell dari Departemen Transportasi dan Jalan Utama mengatakan konsep ini berasal dari keinginan para pekerja untuk bisa memperhatikan peralatan dan juga sesama rekan pekerja mereka.
 
"Dalam kasus ini Anda tidak dikelilingi manusia yang sesungguhnya, tetapi prinsipnya sama - yakni untuk melindungi pekerja dan menyelaraskan mereka untuk memperhatikan peralatan yang  sensitif pada proyek ini," katanya.
 
"Ini merupakan fase lanjutan dari psikologi untuk membuat orang tetap aman, jika orang-orang berpikir dan menginginkan tetap aman maka ada peluang mereka akan tetap aman,"
 
"Kehadiran patung-patung orang kecil ini sempat memicu kehebohan tapi ini merupakan kesempatan yang besar bagi kita untuk membiarkan orang tahu kalau ini adalah hal yang kita akan lakukan di masa depan."
 
Mishell mengatakan patung-patung ini juga telah dilengkapi dengan peralatan reflektif untuk para pekerja malam.
 
"Kami telah melakukan banyak perbaikan pada lampu reflektif untuk membuatnya terlihat seperti kerangka manusia dengan tujuan yang sama di malam hari," katanya.
 
"Ketika truk melihat orang berbentuk kerangka daripada reflektif berbentuk strip di rompi keselamatan, maka lebih mudah bagi mereka untuk menghindari daerah tersebut."
 
Dia mengatakan banyak peralatan penting di area kerja milik mereka rusak, hingga patung-patung orang kecil itu dipasang baru-baru ini.
 
Menurut Mishell di kawasan Nudgee, rambu peringatan pekerja semacam ini penting karena lahan basah di dekatnya membuat kawasan ini berlumpur dan penyelesaian proyek ini pembangunan jalan raya ini menjadi sulit.
 
"Ini adalah contoh yang bagus dari inovasi yang dilakukan kontraktor - dengan menempatkan alat penanda berbentuk patung orang ini pada kawasan-kawasan yang sensitif  sejalan dengan prinsip melindungi pekerja kami," katanya.
 
Mishell mengatakan patung-patung ini akan memastikan proses pembangunan jalan raya ini berjalan dengan lancar.
 
"Proyek ini memakan biaya cukup besar, kita menggunakan peralatan yang canggih tapi yang lebih penting adalah memastikan kita membangun sesuatu dengan benar," jelasnya.
 
"Keselamatan adalah prioritas nomor satu dari semua proyek yang kami lakukan."