ABC

Bongkahan Emas Bersejarah Sebesar Roti Tawar Ditemukan Tidak Sengaja Dikotak Gawang Kriket

Sebongkah emas seberat 10,7 kilogram dipinjamkan ke Museum Australia untuk dipamerkan ke publik setelah seorang pegawai menemukan bongkahan emas murni itu didalam sebuah kotak yang mereka gunakan sebagai gawang untuk pertandingan kriket dadakan.

Bongkahan emas seberat 10,7 kilogram yang dikenal dengan sebutan Maitland Bar gold nugget (Bongkahan emas Maitland),  pertama kali ditemukan tahun 1887 di  Maitland Bar di Meroo Creek dan diklaim sebagai salah satu bongkahan emas paling murni yang pernah ditemukan.

Terakhir ditaksir bongkahan emas itu bernilai $3,7 juta, tapi Menteri Utama New South Wales, Mike Baird mengungkapkan kalau disesuaikan dengan kondisi saat ini nilainya akan jauh lebih tinggi.

Bertahun-tahun lalu pemerintah NSW berusaha memikirkan dimana harus menyimpan bongkahan emas itu agar aman setelah benda itu diserahkan ke Bendahara Negara Bagian.

"Seseorang kemudian memutuskan untuk menyimpannya didalam sebuah kotak saja," tutur Baird.

"Masalahnya adalah mereka lupa memberitahukan orang lain dan kotak itu digunakan sebagai lorong permainan kriket,"

Kemudian seiring dengan waktu berjalan, pegawai negeri di Departmen Bendahara Keuangan Negara Bagian terus menggunakan kotak itu sebagai gawang untuk permainan kriket dadakan mereka tanpa menyadari apa yang ada didalam kotak itu, hingga suatu hari seseorang memutuskan untuk membuka kotak itu dan menemukan sebongkah emas besar berharga didalamnya.

Menteri Utama NSW kemudian menggambarkan bongkahan emas yang berukuran persis sebesar roti tawar  itu dan memiliki berat emas didalamnya seberat 9 kilogram sebagai benda yang agung.

"Saya sebenarnya ...meminta bendaharan NSW untuk membuka setiap kotak yang mereka temukan untuk mencari kemungkinan bongkahan emas lain," katanya menambahkan.

Gumpalan emas itu dibawa dari tambang milik Departemen Pertambangan NSW  pada 1887, pada perayaan 50 tahun kekuasaan Ratu Victoria.

Sejak saat itu bongkah emas itu dipelihara oleh Pemerintah Negara Bagian sebagai bentuk penanda masa keemasan industri tambang emas di Australia pada abad ke-19.

Bongkahan emas ini akan dipamerkan selama 4 hari di Museum Long Galery Australia bersama dengan uang kertas pertama Australia yang dipinjamkan ke museum oleh Westpac.

Westpac, Pemerintah NSW  dan Museum Australia juga mengumumkan program restorasi senilai $9 juta million untuk Museum Long Galeri.