ABC

Birokrasi Ganja Obat di New South Wales Dipangkas Demi Pasien

Para pasien di negara bagian New South Wales (NSW), Australia, akan bisa mengakses ganja obat dalam beberapa hari setelah dokter meresepkannya, kondisi yang disebut Menteri Kesehatan Australia menetapkan patokan nasional.

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt, mengatakan bahwa Pemerintah Negara Bagian dan Federal telah "memangkas" birokrasi untuk memberikan akses langsung dan segera terhadap ganja obat.

Menteri Hunt mengatakan bahwa perubahan tersebut akan mulai berlaku dalam beberapa minggu mendatang.

"New South Wales sekarang adalah pelopor nasional -kami telah melakukan diskusi yang luar biasa dengan Tasmania dan Victoria, jadi saya berharap itu akan segera membuat kemajuan dengan mereka -namun tolok ukurnya telah ditetapkan di sini dan ini tentang menyelamatkan nyawa dan melindungi kehidupan, ini tentang memberi seseorang kapasitas untuk menjalani perawatan mereka."

Peraturan saat ini berarti proses persetujuan melalui negara bagian dan Otoritas Obat-Obatan untuk mengakses ganja obat bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Menteri Kesehatan dan Penelitian NSW, Brad Hazzard, mengatakan bahwa perubahan tersebut akan membuat perbedaan besar pada pasien.

"Ketika orang sudah mendapat diagnosa kanker dan mereka menjalani perawatan, mereka menjalani kemo, mereka jelas sering merasa sangat sakit, mual, muntah," kata Hazzard.

"Ini akan memungkinkan respon yang sangat cepat untuk membuat mereka mendapatkan akses apapun ... tentunya obat yang bisa membantu Anda dengan mual dan muntah.”

"Ini juga bisa membantu anak-anak yang menderita berbagai penyakit."

Proses persetujuan saat ini bisa memakan waktu berbulan-bulan.
Proses persetujuan saat ini bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Supplied: Roll on Ben Oakley Facebook

Waktu tepat untuk meresepkan

Tapi Hazzard meramalkan adanya tantangan dalam meyakinkan praktisi medis bahwa mereka bisa meresepkan obat dalam keadaan tertentu.

"Oleh karena itu NSW memiliki layanan penasihat senilai $ 6 juta (atau setara Rp 60 miliar) yang kami bangun beberapa bulan lalu, dan layanan tersebut memungkinkan dokter untuk membuat panggilan telepon dan mencari tahu bagaimana ganja obat mungkin membantu pasien Anda," jelasnya.

"Ada banyak hal negatif jika tidak dikelola dengan tepat."

Dewan Ganja Medis menyambut baik langkah untuk menyelaraskan proses persetujuan resep, namun memeringatkan akses terhadap ganja obat untuk pasien di NSW masih belum terjamin.

Kelompok industri tersebut mengatakan bahwa banyak dokter yang memperlakukan ganja obat sebagai "obat pilihan terakhir".

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.