ABC

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo Bantah Melakukan Pemerkosaan

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo telah membantah tuduhan bahwa dia melakukan pemerkosaan, dan mengatakan 'nuraninya bersih' di saat menunggu penyelesaian sebuah penyelidikan.

Bintang sepakbola asal Portugal berusia 33 tahun tersebut dituduh oleh Kathryn Mayorga, memperkosanya di sebuah hotel di Las Vegas di tahun 2009.

Cristiano Ronaldo yang sekarang bermain di Juventus Italia setelah pindah dari Real Madrid mengeluarkan pernyataan hari Rabu (3/10/2018) lewat manajemennya dan Twitter.

Dalam pernyataan dwi bahasa, Portugis dan Inggris, Cristiano mengatakan 'pemerkosaan adalah tindak kejahatan yang keji, dan bertentangan dengan semua hal yang saya yakini."

Dalam gugatan sipil yang diajukan oleh Mayorga di pengadilan di Las Vegas, Mayorga menuduh Cristiano Ronaldo memperkosanya di sebuah kamar di hotel Las Vegas.

Mayorga ketika itu berusia 24 tahun.

Gugatan sipil untuk menuntut kompensasi sebesar $AUD 280 ribu (sekitar Rp 3 miliar), dan menyebut Ronaldo dan seorang lagi yang tidak disebut namanya sebagai tergugat.

Orang lain itu digambarkan sebagai seseorang yang ahli untuk melindungi reputasi seseorang, yang dipekerjakan guna menghalangi penyelidikan oleh polisi dan membujuk Mayorga untuk menerima uang sebesar $AUD 526 ribu (sekitar Rp 5,5 miliar) untuk tidak mengatakan apa-apa.

Pengacara Mayorga, Larissa Drohobyczer mengatakan pada hari Selasa bahwa Mayorga yang sekarang berusia 34 tahun, saat itu 'dalam keadaan lemah secara emosional' dan setuju untuk penyelesaiam di luar pengadilan karena dia tidak ingin namanya diketahui publik.

Ronaldo mengancam akan menggugat sebuah majalah Jerman

Pengacara Ronaldo juga telah mengancam akan menggugat majalah terkenal Jerman Der Spiegel karena menerbitkan tuduhan 'ilegal terang-terangan' yang dibuat oleh Mayorga.

Wakil pemimpin redaksi Der Spiegel Alfred Weinzierl mengatakan mereka sudah bekerja secara profesional dan yakin akan kebenaran tulisan mereka, yang juga diijinkan dimuat sesuai dengan hukum yang berlaku di Jerman.

Polisi Metropolitan Las Vegas mengukuhkan adanya laporan insiden seperti yang dimuat dalam gugatan Mayorga, yang dilaporkan sebelumnya di malam kejadian, dan kasus ini dibuka kembali bulan lalu.

Juru bicara polisi mengatakan karena kasus ini masih berlanjut, departemennya tidak bisa mengeluarkan laporan polisi atas laporan Mayorga ketika insiden terjadi.

Gugatan tersebut juga menyebutkan bahwa Mayorga pergi ke rumah sakit dimana pemeriksaan medis terhadap serangan seksual tersebut dilakukan.

Namun menurut polisi, Mayorga menolak menyebut lokasi kejadian dan menyebut siapa pelakunya selain mengatakan bahwa yang melakukan adalah seorang pemain sepakbola asal Eropa.

Cristiano Ronaldo dalam lima tahun terakhir mendapat predikat pemain sepakbola terbaik di dunia dan pindah ke Juventus dari Real Madrid dengan nilai transfer $AUD 161 juta di musim panas lalu.

AP/Reuters

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini