ABC

Bingkisan Natal Handmade Semakin Diminati Warga Australia

Perayaan Natal belum lengkap tanpa berbagi bingkisan Natal. Beberapa tahun terakhir bingkisan Natal buatan tangan alias handmade semakin tren di kalangan warga Australia.

"Jika Anda berminat membuat sendiri bingkisan Natal, pilihlah sesuatu yang sederhana, kemudian bungkus dengan indah dan buat jauh-jauh hari jangan menunggu sampai malam Natal,"
 
Itulah pesan yang diberikan oleh salah satu pemilik toko barang handmade, Rachel Evangelou dan Julie Nichols.
 
Nichols dan Evangelou adalah penggagas dibalik penyelenggaraan Pasar Produk Handmade Canberra yang setiap tahun diselenggarakan di National Convention Centre, Canberra.
 
"Orang sering bilang : 'saya tidak punya urat kreatif di tubuh saya' dan kemudian kita mendapati kalau pendapat itu tidak benar," kata Evangelou.
 
Nichols mengatakan membuat sendiri bingkisan Natal  bisa menjadi pilihan untuk bisa  memberikan bingkisan tanpa perlu keluar banyak uang,"
 
"Natal ini saya berencana membuat puding buah, menurut saya puding aprikot dan vanila merupakan bingkisan yang menarik," katanya.
 
"Ya memang memakan waktu membuatnya, tapi itu bingkisan yang tidak memakan banyak biaya tetapi dibuat dengan rasa cinta dan jika membeli di toko harganya bisa sangat mahal," katanya.
 
Pasangan ini sepakat membuat sendiri bingkisan natal perlu mempertimbangkan ketersediaan waktu yang kita miliki.
 
Kue kering jahe berbentuk rumah, salah satu bingkisan natal buatan tangan yang dijajakan di Pasar Produk Buatan Tangan Canberra menjelang Natal.
 
Memang masyarakat kerap terjebak pada rencana membuat bingkisan yang sempurna, namun membuat sendiri barang buatan tangan atau handmade bisa sangat menyenangkan.
 
"Saya selalu membuat bola-bola kue rum dan white christmast dengan anak saya, nanti dia yang akan membungkusnya," kata Nichols.
 
"Tahun ini di sekolah anak saya membuat kue jahe bentuk rumah dan sangat cantik sekali hasilnya."
 
"Semua orang tahu perlu waktu dan usaha untuk membuat bingkisan seperti itu, tapi membuatnya sangat sederhana dan pada akhirnya akan menjadi bingkisan yang sangat menarik,"
 
Namun demikian, barang buatan tangan tidak harus selalu berbentuk sesuatu yang bisa dimakan,'

"Adik saya pernah mengirimi saya bingkisan berupa video montage keponakan saya yang sedang sakit dan kami sangat terkejut karena tidak menyangka dia akan membuat dan mengirimnya khusus untuk kami," kata Evangelou.
 
"Bingkisan itu merupakan kenangan yang indah mengenai keponakan saya."
 
Perayaan Natal bisa memunculkan inspirasi kreatif, Rusa dari kayu ini misalnya yang dibuat khusus menyambut event Pasar Bingkisan Natal Handmade di Canberra.
 
Bentuk barang buatan tangan lain yang juga kerap menjadi pilihan banyak orang adalah dekorasi Natal, selai buatan sendiri, lilin, minyak zaitun dan coklat.
 
"Lilin itu sangat mudah membuatnya dan kita bisa membuatnya dalam berbagai bentuk mulai dari botol bekas hingga cangkang telur,"
 
"Kita hanya memerlukan bahan sederhana seperti lilin, panaskan di microwave, tambahkan parfum, tuang ke dalam cetakan, sudah selesai, lilin buatan tangan siap dikemas, sangat mudahkan??'
 

Kerumunan warga yang tengah berburu hadiah natal buatan tangan atau handmade di National Convention Centre.

 
Nichols dan Evangelou mengatakan minat warga terhadap bingkisan natal buatan tangan dari tahun ketahun semakin meningkat.
 
Hal itu terlihat dari ramainya warga yang mengunjungi Pasar Produk Handmade Canberra yang selalu diselenggarakan di Pusat Konvensi Nasional, Canberra.
 
Menurut Direktur Kreatif event ini, Rachel Evangelou dan  Julie Nichols, sejak diselenggarakan pertama kali pada 2008, jumlah pengunjung dan peserta dalam event ini terus bertambah.
 
"Kami sangat terkejut, tampaknya event ini semakin populer. Kepopuleran Pasar Produk Buatan Tangan ini terus meningkat sejak hari pertama diselenggarakan,"
 
"Yang indahnya lagi, kami mulai melihat semakin banyak orang yang dulunya tidak pernah sedikitpun terpikir untuk membuat karya atau seni kreatif apapun dalam hidupnya, tapi kini mereka sekarang mulai berubah pandangan dan mulai berpikir kalau mereka juga bisa kreatif membuat karya sendiri,"
 
Pasar Produk Handmade Canberra saat ini menarik minat lebih dari 400 desainer yang menempati 150 booth atau stand yang disediakan pihak penyelenggara.
 
"Masyarakat sangat menikmati cerita dibalik produk buatan tangan itu, .. mereka suka belajar tentang darimana item itu berasal dan hubungan emosi dibalik penciptaan produk itu.... mereka tertarik pada hal-hal demikian, " kata Nichols.